Korwl 02 KKM 01 MI. Kota Semarang Gelar Halal Bihalal

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang, 23 Mei 2023

Halal bil Halal memang sudah menjadi tradisi umat Islam di Nusantara, kegiatan tersebut biasanya digelar setelah umat Islam selesai merayakan Idul Fitri pada setiap tanggal 1 Syawal.

Dikegiatan tersebut, dimanfaatkan sebagai ajang silaturrahmi, temu kangen dan ada juga dikemas dengan reoni, kegiatan tersebut juga digelar oleh berbagai lapisan masyarakat, baik ditingkat RT, RW, Kelurahan, di lingkungan Instansi – instansi pemerintahan, maupun di organisasi – organisasi masyarakat.

tidak ketinggalan halal – bil halal juga digelar di lingkungan pendidikan, seperti halnya yang dilaksanakan oleh Korwil 2 KKM 01 MI Kota Semarang pada Selasa, 23 Mei 2023 juga menggelar acara Halal bil Halal di MI. Tarbiyatus Shibyan Kecamatan Pedurungan Kota Semarang.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Pengawas, seluruh Kepala Madrasah beserta seluruh guru dan pegawai Madrasah Ibtidaiyah yang tergabung dalam Korwil 2 KKM 01 MI Kota Semarang yang terdiri atas seluruh Madrasah Ibtidaiyah di Wilayah Kecamatan Pedurungan, Gayamsari dan sebagian Kecamatan Tembalang.

Ahmad Bisyri pengawas yang hadir pada acara tersebut dalam sambutannya mengatakan; kegiatan seperti ini sangat baik dan perlu dilakukan, karena bisa sebagai ajang silaturrahmi, ajang kebersamaan dan ajang kekompakan diantara Kepala Madrasah, guru, pegawai bahkan juga dengan pengawasnya. Semoga kegiatan ini dapat memupuk tali persaudaraan serta menjadi motivasi kebersamaan untuk memajukan Madrasah.

Sementara itu Slamet Agus Wahid selaku ketua Korwil 2 KKM 01 MI Kota Semarang mengatakan, bahwa kegiatan halal bil halal seperti ini selalu digelar setiap tahun, hal ini dilakukan karena sebagai sarana untuk saling mengenal diantara guru di Madrasah yang satu dengan Madrasah yang lainnya, karena kita ketahui bersama bahwa sekarang banyak sekali guru – guru yang sudah pensiun dan banyak pula guru – guru baru yang menggantikan mereka, sehingga dengan kegiatan seperti ini bisa mengenal diantara guru yang satu dengan yang lainnya.

Dalam acara halal bil halal tersebut menghadirkan K. Masqubah yang diminta untuk menyampaikan uraian hikmah halal bil halal. dalam tausyiahnya ia mengatakan; bahwa semua Kepala Madrasah, guru dan pegawai Madrasah Ibtidaiyah hadir ditempat ini karena membawa salah, karena tidak bisa dipungkiri bahwa setiap manusia itu memiliki kesalahan baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja.
Kesalahan manusia itu ada 3 macam :
1. Salah membawa musibah

yaitu orang yang mempunyai salah tidak mau mengakui kesalahannya, dan ketika diingatkan malah marah – marah itu akan menjadi musibah.

2. Salah membawa Susah

yaitu orang yang punya salah tapi tidak mau minta maaf, salah yang seperti ini akan menjadikan batinnya tertekan, sehingga akan selalu membawa susah bagi dirinya sendiri.

3. Salah membawa berkah

Salah yang membawa berkah adalah seseorang yang memiliki salah namun mau mengakuinya dan segera minta maaf, seperti saat ini di acara halal bil halal, itu namanya Salah membawa berkah.

Maka dari itu semoga pertemuan kita di hari ini, kita membawa salah dan akan menjadi barokah karena kita saling memaafkan; disambut Aamiin oleh semua yang hadir pada kegatan tersebut.

selanjutnya kegiatan tersebut diakhiri dengan musyafahah (bersalam – salaman) saling bermaafan. (SAW/bd)