KSM 2022, Dirjen Pendis: Dari Madrasah Lahir Ilmuan dan Cendekiawan Paham Ajaran Keislaman dan Menguasai Sains

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Jakarta (Humas) – Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Nasional kembali digelar yang diikuti oleh juara pertama KSM Tingkat Provinsi untuk setiap bidang lomba. KSM lmenjadi ajang yang positif dalam membangun budaya kompetisi dil ingkungan Madrasah.

Kegiatan ini diinisiasi Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama.

Opening ceremony ditandai dengan peletakan robot Alfa 1E oleh Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas di Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, Senin (10/10).

Dirjen Pendis, Muhammad Ali Ramdhani laporkan bahwa KSM 2022 merupakan gelaran ke-11. Selain KSM, terdapat dua kegiatan yang dilakukan secara bersamaan, yakni Madrasah Young Reseacher Supercamp (MYRES) dan Ekspo Hasil Riset Madrasah.

“Terdapat 374 peserta yang akan berkompetisi dalam acara yang diselenggarakan pada 10-14 Oktober 2022 ini. Pada saat yang sama, kita akan menyaksikan 36 inovasi hasil penelitian paling unggul dari 9.220 siswa madrasah se-Indonesia,” tutur Dirjen Pendis.

“Kemenag menaruh harapan besar kepada para peserta KSM 2022. Nantinya, dari Madrasah tidak hanya lahir para ilmuan dan cendikiawan yang memahami ajaran keislaman yang memadai, tetapi juga lahir para ilmuan dan cendikiawan yang memiliki penguasaan sains yang kokoh,” harapnya. (ps/rf)