Pembukaan KSM 2022 Meriah, Menag : Madrasah Kini Lebih Unggul Dengan Prestasi

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Jakarta (Humas) – Perhelatan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Nasional tahun 2022 secara resmi telah dibuka oleh Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas, ditandai dengan peletakan robot Alfa 1E, Senin (10/10). Opening ceremony yang dihadiri seluruh kontingen ini menyesaki gedung Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur.

Acara diawali dengan penampilan epik pencak silat dari MAN 4 Jakarta. Selain itu, lantunan Mars Madrasah yang dibawakan oleh paduan suara SMA Katolik Gonzaga dan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 22 Jakarta ini semakin menyemarakkan acara.

Tak kalah meriah, ada juga penampilan tarian kreasi dari siswa-siswi Madrasah kerjasama Kementerian Agama dengan Dinas Kebudayaan Pemprov. DKI Jakarta dengan tajuk “Semarak Merengkuh Prestasi”.

Dalam sambutannya, Menteri Agama Yaqut mengapresiasi dan bangga dengan seluruh peserta KSM Nasional Tahun 2022. Dirinya juga sampaikan bahwa Madrasah tidak boleh lagi dianggap sebelah mata. Saat ini Madrasah lebih unggul dari sekolah umum dengan banyaknya prestasi yang diraih oleh Madrasah.

“Saya hari ini berbahagia dan bangga, dihadapan saya banyak siswa-siswi Madrasah yang prestasinya tidak dapat dianggap sepele, bahkan sudah melampaui sekolah-sekolah yang lain,” tutur Gus Yaqut yang disambut tepuk tangan meriah para hadirin.

“Madrasah memiliki keunggulan jika dibanding dengan sekolah-sekolah yang lain, namun tidak kemudian menjadikan kita jumawa dan sombong. Kelebihan yang kita miliki ini seharusnya membuat kita semakin memacu dan memicu diri kita agar lebih maju,” imbuhnya.

Gus Yaqut juga memaparkan sejumlah prestasi Madrasah. Satu tahun terakhir, Madrasah berjaya pada momen Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) bahkan memasuki dalam lima besar se- Indonesia.

“Kalian membanggakan. I’m so proud. Saranghaeyo,” tutur Gus Yaqut dengan memberikan love sign.

“Selamat mengikuti kegiatan KSM, Madrasah Young Researcher Supercamp (MYRES), dan Madrasah Expo Tahun 2022 di Jakarta. Selamat berkompetisi dengan sehat dan jangan lupa untuk bahagia,” pungkasnya.

Hadir dalam pembukaan, Dirjen Pendis Kemenag Muhammad Ali Ramdhani, Staf Ahli Abu Rokhmad, Perwakilan dari Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Bappenas, para Staf Khusus dan Tenaga Ahli Menag, Para pejabat eselon II Pendis, serta para Kepala Kanwil se-Indonesia. (ps/rf)