KSM Tingkat Kota Semarang Tahun 2023

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang – Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Kota Semarang Tahun 2023 diselenggarakan di kampus MTsN 1 Kota Semarang pada 8-10 Juli 2023.

Dalam acara pembukaan, Sabtu (8/7/2023), Rachmad Pamudji, Kasubbag Tata Usaha Kankemenag Kota Semarang selaku Ketua Panitia melaporkan, kegiatan ini dimaksudkan untuk memperteguh akhlak mulia, kreativitas, inovasi, wawasan kebangsaan, kecerdasan, kesehatan, disiplin, dan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi peserta didik.

“Secara khusus, KSM diselenggarakan dengan tujuan menyediakan wahana bagi siswa madrasah untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang sains, memotivasi siswa agar selalu meningkatkan intelektual, emosional, dan spiritualnya berdasarkan nilai-nilai agama, serta menumbuhkembangkan budaya kompetitif yang sehat di kalangan siswa madrasah,” tuturnya.

“Selain itu, juga untuk memberikan kesempatan para siswa menjadi duta Indonesia yang dapat membanggakan serta mengharumkan nama bangsa Indonesia,” imbuhnya.

Pamudji menyampaikan pula harapan dari terselenggaranya KSM Tingkat Kota Semarang Tahun 2023. “Kami berharap, dengan KSM akan mampu mengembangkan kreativitas peserta didik dan mencintai sains, juga menjaring bibit unggul sebagai kontingen pada jenjang yang lebih tinggi, baik di tingkat provinsi, nasional, maupun internasional,” ungkapnya.

Ia pun menuturkan, kegiatan ini diperuntukkan bagi siswa pada jenjang MI/SD sampai dengan MA/SMA. “Hari ini (8/7/2023) akan dimulai kompetisi untuk jenjang MA/SMA, besok (9/7/2023) untuk jenjang MTs/SMP, dan yang terakhir hari Senin (10/7/2023) untuk jenjang MI/SD,” terangnya.

“Untuk tingkat MA/SMA, baik negeri maupun swasta semuanya ada 213 peserta, tingkat MTs/SMP sebanyak 169 peserta, dan tingkat MI/SD sebanyak 211 peserta. Sehingga total keseluruhan peserta KSM Tingkat Kota Semarang Tahun 2023 adalah 593 peserta,” ujarnya.

Dimulainya KSM Tingkat Kota Semarang Tahun 2023 ditandai dengan pelapasan balon oleh Kakankemenag Kota Semarang.(farida/NBA/bd)