KSM Tingkat Provinsi Jateng Tahun 2022 Resmi Dibuka, Kakanwil Musta’in Ahmad Mengapresiasi

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banyumas (Humas) – Kakanwil Kemenag Prov. Jateng, Musta’in Ahmad membuka Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Provinsi Jawa Tengah tahun 2022 secara resmi di MAN 1 Banyumas, Jumat (9/9). Dirinya mengapresiasi kegiatan pembukaan KSM tingkat Provinsi Jawa Tengah tahun ini yang dilaksanakan secara daring sehingga dapat terbiasa tantangan kekinian dengan menghubungkan lebih dari 500 titik. Dengan titik utama di MAN 1 Banyumas, MTsN 1 Pati dan Kanwil Kemenag Prov. Jateng.

Derasnya laju perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi mulai menimbulkan rasa khawatir di kalangan masyarakat, terutama ekses negatif yang muncul dan tidak dapat dinafikan sebagai akibat perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut. Kakanwil dengan tegas menuturkan bahwa Madrasah siap menjawab tantangan tersebut.

“Dihadapan masyarakat luas, madrasah telah dinilai dapat memberikan benteng bagi anak-anak kita. Karena madrasah tidak hanya membekali anak-anak kita dengan ilmu pengetahuan dan teknologi tetapi juga membekali juga dengan ilmu-ilmu dan pemahaman agama,” tutur Kakanwil.

“Proses dan sarana pembelajaran di madrasah terus kita tingkatkan. Selain itu, iklim kompetisi di kalangan siswa madrasah juga perlu dibangun dan dikembangkan, dengan kegiatan-kegiatan yang dapat mengakomodir siswa dalam mengaktualisasikan potensi yang dimiliki,” imbuhnya.

Maka KSM menjadi salah satu wahana kompetisi sebagai upaya mengelaborasi sains dengan konteks nilai-nilai islami, antara lain elaborasi sains dengan konteks yang ada dalam Al Qur’an, konsep serta terapan yang ada dalam Islam, seperti zakat, falak, dan tema lainnya agar siswa tetap mengkaji konsep keislaman dengan sains yang holistik; dan keilmuan sains murni, ini dilakukan sebagai upaya tetap menyejajarkan dengan siswa-siswa olimpiade sains.

“Tema KSM Tahun 2022 adalah Mandiri Berprestasi Bangkitkan Negeri, menjadi spirit dari madrasah untuk bersama pulih lebih cepat, siap menghadapi tantangan global, bangkit lebih kuat dalam membangun negeri Indonesia yang kita cintai,” tutur Kakanwil.

“Selamat berkompetisi, jaga sportivitas, kejujuran, dan junjung tinggi integritas. Jangan lelah untuk memberikan layanan, bimbingan dan pendidikan yang terbaik untuk murid-murid kita, semoga menjadi berkah. Dengan memohon ridho Allah SWT, seraya mengucapkan Bismilllahirrohmanirrohim, Kompetisi Sains Madrasah Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2022,  secara resmi saya nyatakan dibuka,” pungkasnya. (ps/rf)