081128099990

WA Layanan

081393986612

WA Pengaduan

Search
Close this search box.

Kuatkan Integritas, KUA Diminta Tingkatkan Sosialisasi Menuju Layanan Terbaik

Cilacap – Di era yang semakin terbuka, penyedia layanan publik saling berlomba untuk mendapatkan hati masyarakat. Kantor Urusan Agama (KUA), selaku penyedia layanan publik di tingkat kecamatan tidak mau ketinggalan. Zona integritas yang telah ditetapkan memerlukan penguatan. Indeks kepuasan masyarakat yang tinggi merupakan cermin baiknya layanan publik di KUA.

Berangkat dari hal tersebut, kepala KUA dan Penghulu se Kabupaten Cilacap, Rabu (9/1) mendapat pembinaan langsung oleh Kepala Bidang Urais dan Binsyar Kanwil Kemenag Prov Jateng, Muh Arifin, di Aula Kankemenag Kab. Cilacap.

Dalam pembinaannya, pihaknya menegaskan bahwa, dalam melaksanakan pelayanan, KUA harus berpegang teguh terhadap regulasi yang ada. Dengan begitu, dia dapat memastikan seluruh layanan berjalan dengan baik. Regulasi yang dibuat oleh pemerintah merupakan buah atau hasil dari kajian dan aspirasi di lapangan. Sehingga selain untuk peningkatan kualitas layanan, regulasi merupakan payung hukum yang dapat membentengi mana kala ada gugatan dari masyarakat.

“Jangan sekali-kali kepala KUA atau penghulu keluar dari regulasi. Masyarakat di pelosok pedesaan memerlukan pencerahan. Karenanya,  tingkatkanlah intensitas dan teknis sosialisasi. Dengan begitu, mereka akan betul-betul memahami aturan yang ada. Sehingga, akan muncul kesadaran untuk menjadi warga negara yang taat aturan,”Katanya.

Dikatakan lebih lanjut, berdasarkan pengalaman masa lalu, masyarakat inginnya layanan serba cepat dan pintas. Untuk melakukan pendaftaran pernikahan, kebanyakan serba mendadak atau mepet. Selain itu, image mengurus administrasi kependudukan adalah ribet atau bertele-tele, masih besar. Sehingga tidak sedikit dari mereka tidak mau berangkat sendiri dan lebih memilih menggunakan jasa untuk mengurusnya.

Keadaan tersebut harus ditanggapi dengan reaksi cepat oleh KUA. Masyarakat harus mengerti benar bahwa layanan di KUA sangat mudah, ramah dan cepat. Untuk itu, sosialisasi merupakan jalan satu-satunya untuk meningkatkan integritas. Dengan mendaftarkan sendiri, maka masyarakat akan dapat mengetahui secara pasti kualitas layanan KUA.

“Kepala KUA dan penghulu harus pandai-pandai menggunakan kesempatan yang ada. Lakukan sosialisasi secara terus menerus. Momen pernikahan, dimana masyakat banyak berkumpul merupakan saat yang baik untuk sosialisasi. Fungsikan tenaga para penyuluh yang ada. Penyadaran masyarakat adalah kunci tegaknya integritas layanan KUA,”Pungkasnya. (On)

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Terkait

𝗦𝗲𝗻𝗮𝗺 𝗦𝗲𝗵𝗮𝘁, 𝗘𝘅𝗽𝗼 𝗨𝗠𝗞𝗠 𝗛𝗮𝗹𝗮𝗹, 𝗣𝗶𝗷𝗮𝘁 𝗚𝗿𝗮𝘁𝗶𝘀, 𝗦𝗲𝗿𝘃𝗶𝗰𝗲 𝗚𝗿𝗮𝘁𝗶𝘀, 𝗗𝗼𝗻𝗼𝗿 𝗗𝗮𝗿𝗮𝗵 𝗗𝗮𝗻 𝗣𝗲𝗹𝗮𝘆𝗮𝗻𝗮𝗻 𝗦𝗲𝗿𝘁𝗶𝗳𝗶𝗸𝗮𝘀𝗶 𝗣𝗿𝗼𝗱𝘂𝗸 𝗛𝗮𝗹𝗮𝗹 𝗚𝗿𝗮𝘁𝗶𝘀 𝗠𝗲𝗿𝗶𝗮𝗵𝗸𝗮𝗻 𝗞𝗲𝗴𝗶𝗮𝘁𝗮𝗻 𝗗𝗮𝗹𝗮𝗺 𝗥𝗮𝗻𝗴𝗸𝗮 𝗠𝗲𝗺𝗽𝗲𝗿𝗶𝗻𝗴𝗮𝘁𝗶 𝗛𝗔𝗕 𝗞𝗲𝗺𝗲𝗻𝗮𝗴 𝗸𝗲-𝟳𝟳

𝗣𝗷 𝗕𝘂𝗽𝗮𝘁𝗶 𝗖𝗶𝗹𝗮𝗰𝗮𝗽 𝗔𝗽𝗿𝗲𝘀𝗶𝗮𝘀𝗶 𝗞𝗮𝗻𝗸𝗲𝗺𝗲𝗻𝗮𝗴 𝗖𝗶𝗹𝗮𝗰𝗮𝗽 𝗦𝗲𝗯𝗮𝗴𝗮𝗶 𝗦𝗮𝘁𝗸𝗲𝗿 𝗧𝗲𝗿𝗯𝗮𝗶𝗸 𝗣𝗲𝗿𝘁𝗮𝗺𝗮 𝗣𝗲𝗻𝘆𝗮𝗺𝗽𝗮𝗶𝗮𝗻 𝗟𝗮𝗽𝗼𝗿𝗮𝗻 𝗣𝗲𝗿𝘁𝗮𝗻𝗴𝗴𝘂𝗻𝗴𝗷𝗮𝘄𝗮𝗯𝗮𝗻 𝗕𝗲𝗻𝗱𝗮𝗵𝗮𝗿𝗮 𝗧𝗿𝗶𝘄𝘂𝗹𝗮𝗻 𝗜𝗜𝗜 𝗧𝗮𝗵𝘂𝗻 𝟮𝟬𝟮𝟮

Skip to content