Lahirkan Generasi Berkarakter. Gudep MTsN 2 Pekalongan Gelar Kegiatan Pramuka Perdana di Tahun 2022

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kab. Pekalongan – Teriknya matahari pada Jumat (19/8/2022) tak menghalangi semangat para penggalang putra maupun putri untuk mengikuti latihan perdana. Tepat pukul 14.00 WIB, seluruh siswa kelas 7 serta regu Dewan Penggalang kelas 8 dan 9 berkumpul di lapangan upacara MTsN 2 Pekalongan. Dengan penuh khidmat, mereka mengikuti apel pembukaan yang langsung dipandu oleh para pembina.

Dalam amanatnya, Kagudep putri, kak Wahyu Hidayani, S.Pd memberikan apresiasi kepada adik-adik penggalang khususnya kelas 7 yang sangat antusias dalam latihan perdana itu. Ia menyampaikan bahwa kegiatan Pramuka merupakan ekstrakurikuler wajib bagi siswa kelas 7, sebagai sarana pembentukan karakter dan pengembangan potensi,  bakat dan minat. Selain itu, Wahyu juga menekankan pentingnya kegiatan Pramuka sebagai wadah penguatan profil pelajar Pancasila sesuai amanat kurikulum Merdeka. Sehingga, ia menghimbau kepada seluruh peserta apel agar dapat mengikuti kegiatan dengan baik, riang serta gembira.

Selepas apel, seluruh siswa kelas 7 menerima materi tentang Sejarah Kepramukaan. Selama belajar, mereka dipandu oleh kakak-kakak Dewan Penggalang kelas 9. Selain menerima materi, mereka juga bersama-sama menyanyi beberapa lagu Pramuka seperti Hymne Pramuka dan Disini Senang Disana Senang. Kegiatan semakin menyenangkan dengan adanya permainan yang dipandu oleh kakak Pembina. Suara tepuk Pramuka terdengar bersahut-sahutan menambah semarak suasana Jumat sore. Sementara itu, anggota calon Dewan Penggalang kelas 8 juga terlihat semangat berlatih bersama kak Hasan.

Pertemuan perdana sore itu, diakhiri dengan apel penutupan dan evaluasi Dewan Penggalang bersama para Pembina. Selain melakukan refleksi atas kegiatan yang telah dilakukan, pembina juga menyampaikan motivasi agar para peserta lebih baik lagi dalam hal kedisiplinan terutama pakaian.

“Untuk kegiatan pada Jumat berikutnya, kakak harapkan ada peningkatan terutama pada cara kalian mengenakan seragam. Karena, meski terlihat sepele, namun kerapian dan kelengkapan atribut pakaian merupakan langkah awal pembentukan karakter disiplin dalam diri kalian. Usahakan juga untuk hadir tepat waktu dan tidak ada yang terlambat.” ujar kak Hasan.

Sebelum pulang, nampak para pramuka penggalang MTsN 2 Pekalongan menyanyikan lagu Aku Bangga Menjadi Pramuka dengan penuh semangat. (Why/Ant/bd).