Layanan Fast Track Haji Mudahkan Jamaah dalam Proses Pengecekan Dokumen

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Klaten (Humas) – Kakanwil Kemenag Prov. Jawa Tengah sampaikan peran pemerintah dalam penyelenggaraan haji 2024, saat menjadi narasumber kegiatan manasik haji bagi jamaah reguler tingkat Kabupaten Klaten, Senin (22/4/2024) di gedung Al Mabrur Klaten.

Di hadapan calon jamaah haji, Kakanwil memberikan informasi terkait penyediaan layanan administrasi, bimbingan ibadah, akomodasi, transportasi, kesehatan dan perlindungan jamaah haji di Arab Saudi.

“Kita sedang mempersiapkan fast track layanan imigrasi yang akan memudahkan jamaah haji dalam proses pengecekan dokumen, seperti visa dan paspor. Sebab prosesnya sudah dilaksanakan di bandara asal jemaah haji,” jelas Musta’in Ahmad.

Pemerintah dalam penyelenggaraan ibadah haji dari tahun ke tahun selalu berupaya memberikan kemudahan untuk jamaah haji, terlebih bagi lansia. Jamaah haji yang mendapat fasilitas layanan fast track bisa segera menuju bus untuk selanjutnya berisitirahat di hotel. Tanpa perlu melewati proses pemeriksaan paspor dan visa lagi saat tiba di Arab Saudi.

“Pemerintah bersungguh-sungguh mempersiapkan layanan terbaik untuk senantiasa memberikan hak-hak jamaah haji. Ini akan terlaksana dengan baik jika terjalin koordinasi dan komunikasi antara petugas dan jamaah serta kepedulian sesama jamaah untuk saling membantu,” imbuhnya.

Saat ini persiapan Kemenag Jateng jelang pemberangkatan ibadah haji telah mencapai 90%, dengan jumlah jemaah 30.029 orang se-Jawa Tengah. Direncanakan kloter pertama akan masuk Embarkasi Donohudan tanggal 11 Mei 2024 mendatang. (bel)