Buka Bimbingan Manasik Haji Tingkat Kecamatan, Kepala Kemenag Kabupaten Pekalongan Tegaskan Pentingnya Manasik Sebagai Bekal Ilmu Bagi Para Calon Jamaah

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kab. Pekalongan (Humas) — Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan menggelar Bimbingan Manasik Haji Tingkat Kecamatan, Senin (22/4/2024) di Balaidesa Ketitang lor Bojong. Kegiatan ini diawali dengan sambutan dari Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan, Imam Tobroni, yang memberikan materi tentang Kebijakan Pemerintah terkait penyelenggaraan haji.

Imam Tobroni menekankan pentingnya pemahaman terhadap kebijakan pemerintah terkait pelaksanaan haji. Materi yang disampaikan bertujuan untuk memberikan pemahaman yang komprehensif kepada calon jamaah haji.

“Kami berharap jemaah haji memahami tentang tata cara dan persiapan yang harus dilakukan sebelum berangkat menunaikan ibadah haji, sehingga para calon jamaah haji dapat melaksanakan ibadah haji dengan baik dan benar dan memperoleh haji yang mabrur,” jelasnya.

Kegiatan bimbingan manasik haji ini diikuti oleh para calon jamaah haji tahun 1945 H/2024 dari tiga kecamatan, yaitu Kecamatan Bojong, Kecamatan Sragi, dan Kecamatan Kesesi. Para peserta aktif mengikuti rangkaian acara yang disajikan, termasuk sesi tanya jawab untuk memperjelas pemahaman mereka.

Dalam suasana yang penuh semangat dan antusiasme, peserta bimbingan manasik haji mengungkapkan rasa syukur atas kesempatan untuk mendapatkan pengetahuan dan persiapan yang lebih matang sebelum menjalani ibadah haji.

KaKan Kemenag Imam Tobroni, juga mengucapkan terima kasih atas partisipasi aktif para peserta.

“Bimbingan ini sebagai bentuk kehadiran pemerintah melalui Kemenag untuk memberikan bekal agar semua calon haji bisa melaksanakan haji secara mandiri tidak hanya menggantungkan pada pembimbing,” imbuhnya.

Kepala Kemenag juga berharap bahwa dengan adanya kegiatan seperti ini, calon jamaah haji dapat lebih siap secara mental, fisik, dan spiritual dalam menjalani ibadah haji mereka nanti. Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan berkomitmen untuk terus menyelenggarakan kegiatan-kegiatan serupa guna mendukung persiapan dan kelancaran pelaksanaan ibadah haji bagi masyarakat setempat. (MTb/bel)