MA AL Iman Kota Magelang Implementasikan P5 & PRA Melalui Even “Gelar Karya”

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Magelang – MA Al Iman Kota Magelang langsungkan even “Gelar Karya” sebagai ajang kreasi bagi siswa madrasahnya, (Selasa, 20/12). Even ini juga sebagai upaya dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka untuk siswanya.

P5 & PRA adalah kegiatan kokurikuler berbasis projek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter siswa. P5 & PRA disesuaikan dengan profil pelajar Pancasila yang disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan. Dalam praktiknya, pelaksanaan P5 & PRA dilakukan secara fleksibel dari segi muatan, kegiatan, dan waktu pelaksanaan.

Kreasi siswa MA Al Iman yang ditampilkan kali ini meliputi tata boga, tata rias, tata busana, seni musik dan sendra tari.   

Ditemui saat acara beralngsung, pengawas madrasah Kankmenag Kota Magelang menandaskan mengenai pentingnya keleluasaan dan wadah bagi siswa-siswi madrasah untuk mengekspresikan kemampuan yang dimiliki.

“Ajang kreatifitas semacam ini sangat diperlukan oleh siswa untuk menggali serta memupuk dan menggali minat serta bakatnya. Ketika pengelola madrasah memfasilitasinya, saya yakin akan sangat bermanfaat dalam peningkatan prestasi baik untuk siswa maupun lembaganya,” ujar Muflihatut Thohiroh.

“Momen  semacam ini akan mempercepat pula tumbuh kembangnya kepribadian siswa madrasah yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur Pancasila. Ada enam elemen dalam profil pelajar Pancasila, yakni berakhlak mulia, berkebinekaan global, mandiri, bergotong royong, bernalar kritis, dan kreatif,” terangnya kemudian.

Profil Pelajar Pancasila sesuai Visi dan Misi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagaimana tertuang dalam Peraturan Mendikbud Nomor 22 Tahun 2020 tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024:

Pelajar Pancasila adalah perwujudan pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. (Hari/rf).