Makna Penting Pancasila Bagi Kita Sebagai Rakyat dan Bangsa Indonesia

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – Segenap guru dan pegawai MTs Negeri 3 Banjarnegara mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila secara virtual dari rumah masing-masing. Upacara tersebut dipimpin langsung oleh Presiden RI Joko Widodo di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur, Rabu (01/06).

Dalam amanatnya, Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa Pancasila telah menjadi bintang penuntun ketika Indonesia menghadapi tantangan dan ujian. Untuk itu, masyarakat Indonesia harus mengamalkan dan mengimplementasikan Pancasila dalam sistem kemasyarakatan, kebangsaan, kenegaraan, dan tata kelola pemerintahan.

Natir selaku Kepala MTs Negeri 3 Banjarnegara mengucapkan makna pentingnya Pancasila. Hari Pancasila yang jatuh tiap tanggal 1 Juni, tentu memiliki makna bagi kita sebagai rakyat dan bangsa Indonesia,

“Pertama, kita harus menjunjung tinggi Pancasila, bukan hanya sebagai dasar negara ataupun tujuan berbangsa, melainkan juga menjadikan Pancasila sebagai pegangan dalam kehidupan sehari-hari,” imbuhnya

Kedua, Pancasila harus bisa digunakan sebagai jati diri atau identitas bagi bangsa Indonesia.”

Ketiga, Pancasila bukan hanya lima poin yang dibacakan saat upacara bendera. Pancasila bukan hanya untuk dibaca dan didengar melainkan, Pancasila harus dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Setiap sila yang terdapat di dalamnya tentu sangat bermakna dan pengaplikasiannya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan betul-betul melaksanakannya dalam kehidupan sehari-hari, sehingga akan tertanam di dalam hati bahwa Pancasila sebagai sumber hukum bagi bangsa Indonesia,” terangnya

Keempat, cintailah Indonesia beserta Pancasila sebagai semboyan dasar dan sebagai sumber hukum bangsa Indonesia. Berawal dari rasa cinta terhadap bangsa sendiri, kita akan mampu mengerti betapa pentingnya pelaksanaan Pancasila di tengah-tengah bangsa Indonesia, bahwa Pancasila diciptakan untuk memastikan kelangsungan kehidupan Indonesia.

“Pancasila adalah sesuatu yang tidak dapat digantikan dengan apa pun juga baik pada masa dulu, sekarang, dan masa yang akan datang,” ungkapnya. (ar/ak/rf).