Manasik haji massal warnai semarak peringatan HAB ke-70

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Wonogiri – Berbagai rangkaian kegiatan peringatan Hari Amal Bakti Kemenag ke-70 Tahun 2016 di gelar di masing-masing satker dengan melibatkan keluarga besar baik pusat maupun daerah dengan berbagai kegiatan yang sangat variatif.

Salah kegiatan kegiatan daerah yang cukup menarik perhatian masyarakat adalah kegiatan manasik haji MTsN Nguntoronadi. Kegiatan di ikuti + 500 peserta didik dan 40 guru mengikuti manasik haji massal di lapangan Kecamantan Nguntoronadi (05/01).

Para siswa tampak bersemangat mengikuti manasik, dengan mengucapkan talbiyah ‘Labbaikallahumma Labbaik’, mereka dipandu oleh para guru menunaikan rangkaian kegiatan haji mulai dari berjalan ke bukit shofa, melempar jumrah, tawaf, dan sa’i.

Acara manasik ini dibuka oleh Kepala MTsN Nguntoronadi, Rosyad Afandi. Dalam sambutannya, Rosyad mengapresiasi acara ini yang sangat positif untuk membentuk karakter anak meningkatkan keimanan dan ketaqwaan. Hal ini selaras dengan tujuan pembelajaran kurikulum 2013 yang mengedepankan pendidikan berbasis karakter.

“Harapan kami dengan adanya manasik ini, anak-anak akan semakin memahami bagaimana pelaksanaan ibadah haji sekaligus mempraktikkannya, sehingga akan timbul keinginan mereka untuk berhaji ketika sudah waktunya nanti,” ujarnya

Menurut Rosyad manasik haji agar dapat mengambil nilai-nilai dan pembelajaran dari pelaksanaan peragaan manasik haji ini yakni agar senantiasa menanamkan niat yang tulus, ikhlas, pasrah dan berserah diri dalam kehidupan sehari-hari baik di lingkungan madrasah, rumah dan lingkungan sekitar.

Serta senantiasa belajar untuk menjaga mental agar tetap sabar dan tidak terjebak emosi, dan disiplin diri serta memberikan pengalaman ruhani bagi siswa MTsN Nguntoronadi.

Kasi Pendidikan Madrasah Kankemenag Wonogiri, Ahmad Farid menyambut baik kegiatan peragaan manasik haji tersebut, karena hal tersebut merupakan pembinaan intensif kepada siswa yang tentunya menjadi salah satu bagian dari Pendidikan Agama Islam dalam rangka membentuk siswa-siswi yang sholeh dan sholehah, karena bangsa yang mau mendidik dan mengembangkan generasi mudanya akan menjadi bangsa yang maju dan kuat di masa yang akan datang.

Harapan diadakannya kegiatan ini adalah terjalinnya sinergisitas antara insan pendidikan dengan masyarakat khususnya orang tua/wali murid dan juga sebagai wahana publikasi keberadaan madrasah kepada masyarakat. (Mursyid___Heri)