Manfaatkan Kecanggihan Teknologi, MAN 1 Pati Rancang Aplikasi SI – FIKA

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Jakarta (Humas) – Perkembangan teknologi di era digital seperti sekarang ini bertumbuh semakin cepat. Secara tidak langsung penggunaan teknologi ini meningkat tajam. Teknologi adalah suatu sarana atau sistem yang berfungsi untuk memberikan kenyamanan serta kemudahan bagi manusia oleh karena itu teknologi menjadi sangat penting di era sekarang. Hal ini tentu harus dimanfaatkan untuk oleh semua bidang pendidikan terutama dalam konteks keagamaan.

Pendidikan Madrasah di Jawa Tengah (Jateng) salah satunya MAN 1 Pati saat ini telah memanfaat kecanggihan teknologi untuk  membuat platform Fikih wanita berbasis digital dan mampu mengikuti Madrasah Young Researchers Super Camp (MYRES) Tahun 2022 di kancah nasional dengan mengangkat judul “Si – Fika (Sistem Informasi Fikih Wanita)” yang dirancang oleh Armeliana Putri Sholihah dan Latifah Dwi Maharani.

Aplikasi tersebut bisa diakses melalui website sifika.my.id  platform ini berisi tentang informasi masalah kewanitaan. Adapun fiturnya berisi tentang konsep dasar haid, konsep dasar istihadhah, macam istihadhah, cara menghitung haid dan istihadhah, larangan saat haid, cara bersuci setelah haid dan istihadhah, shalat dan puasa yang wajib diqadha’.

Menurut Armeliana penelitian ini diangkat karena terinspirasi dari kemajuan teknologi yang saat ini masyarakat khusunya remaja sangat dekat dengan gadget.

“Si – Fika merupakan platform edukasi yang membahas khusus tentang fikih wanita. Hal ini sangat penting bagi remaja saat ini yang sangat dekat dengan gadget sebagai media informasi. Mereka bisa belajar keagamaan khususnya fikih dimana pun dan kapan pun dengan mudah,” ungkapnya saat ditemui awak media pada Expo MYRES 2022 pada hari Selasa, (11/10).

Informasi MYRES Tahun 2022

Berdasarkan data dari madrasah.kemenag.go.id tahun ini MYRES tercatat sebagai pendaftar terbanyak dengan jumlah 9.220 peserta. Sebelumnya, para perserta telah melakukan berbagai tahapan mulai dari pendaftaran dan pengunggahan proposal, kemudian pengumuman seleksi proposal penelitian dan dilanjutkan dengan presentasi hasil penelitian pada tanggal 24 – 25 September 2022. Pelaksanan MYRES telah dicanangkan sejak tahun 2018. (d/rf)