Mars Hari Santri Membahana di Halaman Balaikota Semarang

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang, Sabtu (22/10/2022) mars Hari Santri membahana di halaman Balaikota Semarang, dalam gelaran Apel Hari Santri Nasional (HSN) 2022.

Apel yang dipimpin oleh Plt. Walikota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu, memperdengarkan mars Hari Santri kepada peserta apel yang terdiri dari Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian Agama (Kemenag) Kota Semarang, Muslimat NU, Fatayat NU, Ikatan Pelajar NU (IPNU), Ikatan Pelajar Putri NU (IPPNU), dan santri Pondok Pesantren (Ponpes) di Kota Semarang, salah satunya Ponpes Al Islah Mangkang.

Mars Hari Santri tak asing di telinga peserta apel, begitu lagu tersebut diperdengarkan secara spontan para peserta apel pun ikut bersenandung.

Hari santri, hari santri, hari santri

Hari santri, bukti cinta pada negeri

Ridho dan rahmat, dari Ilahi

NKRI harga mati

Ayo santri, ayo santri, ayo santri

Ayo ngaji dan patuh pada kiai

Jayalah bangsa, jaya negara

Jayalah pesantren kita

Begitulah penggalan reff mars Hari Santri yang dibawakan oleh tim paduan suara dan peserta apel.

Setiap lirik dari mars Hari Santri mampu membangkitkan rasa nasionalisme para pendengarnya, begitu tutur Suyami, ASN Kemenag Kota Semarang yang turut dalam barisan. “Mars Hari Santri menggugah ingatan kita, bahwa para kiai dan santri memiliki peran yang besar dalam perjuangan merebut kemerdekaan. Semua santri di seluruh penjuru negeri bersatu padu menuju ke medan laga berada di garda terdepan untuk mendeklarasikan kemerdekaan Indonesia,” tuturnya.

Sadi, pengawas Pendidikan Agama Islam (PAI), pesert lain dari Kemenag Kota Semarang menuturkan hal yang sama. “Kyai dan santri selalu peka dengan kondisi lingkungan dan keadaan dari masa ke masa. Mari kita lanjutkan perjuangan mereka, yaitu mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang positif,” ujarnya.

“Santri itu responsif, empati, proaktif, dan tanggap dalam segala kondisi. Karenanya, tema yang diusung tahun ini, Berdaya Menjaga Martabat Kemanuasiaan adalah sangat tepat,” tandasnya.

Ia berharap, dengan momen peringatan Hari Santri, santri mampu menjadi inspirator aktor moderasi beragama.(Habibil/NBA/bd)