MATSAMA MAN Kendal Sukses Digelar

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kendal – Tahun pelajaran baru telah dimulai, semangat baru pun kini merekah setelah tiga minggu lebih siswa-siswi madrasah menghabiskan waktu liburnya. Dalam tradisi madrasah, kurang afdol kiranya apabila peserta didik baru memulai pelajaran di kelas begitu saja. 

Oleh karena itu Madrasah Aliyah Negeri Kendal melalui Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) melaksanakan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) Tahun Pelajaran 2022/2023 selama tiga hari yakni Senin sampai Rabu 18-20 Juli 2022.

Sebelumnya, pembekalan kepada peserta didik baru telah digelar pada hari Sabtu, guna mempersiapkan segala kebutuhan untuk menunjang pelaksanaan MATSAMA di hari berikutnya. Seperti diketahui, MATSAMA adalah masa orientasi atau pengenalan mengenai lingkungan madrasah kepada peserta didik baru.

Pada hari ketiga kegiatan MATSAMA diisi dengan senam pagi bersama di lapangan MAN Selatan, dilanjutkan pengenalan lingkungan madrasah oleh kakak kelas yang tergabung dalam pengurus OSIS, Rabu (20/7).

MATSAMA yang dibuka Senin, 18 Juli dengan kegiatan apel pagi dan seremonial penerbangan balon udara oleh kepala madrasah ini sukses terselenggara hingga hari terakhir. Kepala madrasah, Muh Asnawi mengucapkan selamat datang kepada peserta didik baru yang telah resmi menjadi keluarga MAN Kendal, dirinya menerangkan dari siswa baru seluruhnya telah mengikuti kegiatan MATSAMA dengan tertib.

“Selamat datang saya ucapkan kepada peserta didik baru Madrasah Aliyah Negeri Kendal, selamat bergabung di madrasah kita tercinta. Saya harap setelah mengikuti seluruh rangkaian kegiatan MATSAMA, peserta didik lebih mengenal lingkungan madrasah, pola pendidikan madrasah tingkat aliyah, kedisiplinan dan tata tertib. Sehingga siswa baru dapat mengeksplore potensi diri yang dimiliki untuk menorehkan prestasi baik dibidang akademik dan non-akademik agar dapat mengharumkan nama baik MAN Kendal,” ucap Asnawi.

Adapun rangkaian kegiatan MATSAMA sejak hari pertama yakni pembukaan, dilanjutkan dengan sesi materi yang meliputi pengenalan profil MAN Kendal, keunggulan serta prestasi yang pernah diraih. Sedangkan dihari kedua, materi yang disampaikan mencakup tentang moderasi beragama, ketatausahaan, sarana prasarana, program unggulan dan etika bermedia sosial. 

Untuk hari ketiga dikemas lebih santai dengan pertunjukan promosi ekstrakurikuler, diantaranya PMR, Rebana, LCC, Pramuka dan Pencak Silat. Ditutup menyanyi bersama hingga waktu pun menunjukkan purnanya acara MATSAMA yang telah berlangsung selama tiga hari itu. Peserta didik baru tampak happy dan enjoy mengikuti runtutan acara yang telah dikemas. (ivn/bel/rf)