Melalui Manasik Haji Sepanjang Tahun Kakanwil Kemenag Jateng Ajak CJH Kendal Mandiri

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

 

Kendal – Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah, Musta’in Ahmad bersama Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Kendal Mahrus ajak calon jamaah haji Kabupaten Kendal tahun keberangkatan 1445 H/ 2024 M untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensi diri melalui bimbingan manasik haji sepanjang tahun.

Dalam sambutannya, Musta’in mengatakan bahwa pelaksanaan manasik haji sepanjang tahun merupakan salah satu bentuk ikhtiar untuk menciptakan kemandirian jamaah dalam melaksanakan seluruh rangkaian ibadah haji di tanah suci.

“Kegiatan manasik haji ini dilaksanakan agar calon jamaah haji lebih paham dalam melaksanakan rangkaian ibadah haji ketika nanti di tanah suci, supaya mempunyai bekal agar tidak kebingungan dalam beribadah,” jelasnya.

Selain itu Kakanwil juga menjelaskan bahwa dasar hukum penyelenggaraan kegiatan ini yaitu berdasar Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2019 tentang Penyelenggaran Ibadah Haji, Peraturan Menteri Agama No. 13 Tahun 2023 tentang penyelenggaraan Haji Reguler, dan Keputusan Direktur Jendral Penyelenggaraan Haji dan Umroh No. 250 Tahun 2023 tentang pedoman penyuluhan Manasik Haji Sepanjang Tahun, pungkasnya.

Digelar di Aula Koperasi Hikmah Kendal, Kamis (24/8) kegiatan ini turut mengundang Kepala KUA, KBIHU, IPHI, penyuluh dan fasilitator pembimbing ibadah haji di Kabupaten Kendal. (LD/bd)