Melalui PTK, Jadikan Guru Yang Kompeten

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banyumas – Tiga guru Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Banyumas mengadakan seminar bersama hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Seminar yang diadakan di ruang rapat MTsN 2 Banyumas ini,  diikuti oleh guru dari tiga madrasah, yaitu MTsN 2 Banyumas ,  MTs Ma’arif  NU 1 Tambak dan MTs  NATA Jombor Tambak . Rabu (22/02)

Bertindak sebagai penyaji adalah guru Matematika , Ratna Erawati, Sholikhan, dan Nurlaeli, menghadirkan pembahas yang dianggap kompeten dalam PTK sesuai kriteria dalam buku 4 Pedoman Kegiatan PKB.

ketua panitia penyelenggara Sjamsul Huda dalam sambutannya mengucapkan  terima kasih kepada tim PKB, para peserta, dan para penyaji atas terselenggaranya kegiatan seminar ini.

“Semoga kegiatan seminar hasil PTK ini dapat menginspirasi teman-teman yang lain untuk melaksanakan kegiatan publikasi ilmiah,” papar Sjamsul.

Atik Restusari selaku Kepala Madrasah memberikan apresiasi kepada para pemateri yang telah sukses melaksanakan dan menulis laporan hasil penelitian tindakan kelas serta diseminarkan.

“ Pelaksanaan seminar ini merupakan langkah yang positif , selain sebagai tuntutan dinas atau karier pegawai, juga untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme guru. Semoga hal ini bisa diikuti oleh guru guru yang lain,” terangnya.

PTK merupakan proses pengkajian masalah pembelajaran di dalam kelas melalui refleksi diri, dalam upaya untuk memecahkan masalah tersebut dengan cara melakukan berbagai tindakan yang terencana dalam situasi nyata, serta menganalisis setiap pengaruh dari perlakuan tersebut.

” Melalui seminar ini para peserta, penyaji, dan juga pembahas  dapat saling bertukar informasi yang dapat meningkatkan kompetensi dan pengetahuan terkait kegiatan PTK. Selain itu, sebagai guru diharapkan untuk terus mengupdate ilmunya agar dapat mengikuti perkembangan teknologi informasi dalam dunia pendidikan”, ungkap Indri saat sesi tanya jawab diadakan.(yud/tim/rf)