Menambah Referensi, Tim Riset dan OSN MTsN 4 Banjarnegara Kunjungi Perpustakaan Daerah

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – Dalam rangka menambah referensi bacaan berkaitan dengan kegiatan penelitian dan OSN, serta sekaligus mengenalkan perpustakaan daerah, siswa-siswi yang tergabung dalam tim riset dan OSN MTsN 4 Banjarnegara pada hari Kamis, (16/6) , pukul 13.00 WIB mengunjungi Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Banjarnegara di didampingi oleh guru-guru pembimbingnya.

Kedatangan para siswa dan guru pembimbing di perpustakaan daerah disambut antusias oleh pegawai  dan petugas atau pustakawan. Mereka sebelumnya diberi pengarahan tentang tata cara membaca dan meminjam buku di perpustakaan daerah. Setelah pengarahan, selanjutnya para siswa diberi formulir pendaftaran sebagai anggota perpustakaan sebagai syarat peminjaman buku, serta dibimbing dalam pengisiannya oleh petugas. Setelah data-data tiap siswa diinput oleh petugas di komputer, lalu dibuatkan dan dicetak kartu anggota untuk setiap orang sesuai data-data tersebut, selanjutnya para siswa baru diperbolehkan meminjam buku yang diinginkan.

“Sebelum meminjam buku di perpustakaan daerah, pengunjung atau pemustaka wajib menjadi anggota terlebih dahulu. Syarat menjadi anggota tinggal mengisi formulir yang disediakan oleh petugas dan menyerahkan identitas berupa SIM, KTP, atau Kartu Pelajar. Pendaftaran gratis tidak dipungut biaya apapun. Adapun jam kunjung perpustakaan daerah adalah pukul 07.30-17.00 WIB tiap Senin sampai Jumat, dan pukul 08.00-14.00 WIB untuk hari Sabtu-Minggu,” jelas Yuanti Wuri Astuti, salah satu petugas perpustakaan daerah yang saat itu memberikan pengarahan.

Para siswa selanjutnya mencari buku-buku yang diinginkan si rak-rak yang ada, di mana tiap rak sudah ditandai dengan kode-kode tertentu sesuai jenis buku, untuk memudahkan pengunjung mencarinya .

“Pelayanannya sangat bagus dan petugasnya sangat ramah dan sopan. Petugasnya sangat sabar dalam mengarahkan dan membantu siswa-siswi saat mengisi formulir pendaftaran anggota maupun saat mencari buku-buku yang dibutuhkan,” ujar Musthoriqoh, salah satu guru pendamping saat dimintai komentar tentang pelayanan terhadap pengunjung perpustakaan daerah di Banjarnegara.

Perpustakaan Daerah Kabupaten Banjarnegara beralamat di Jalan Jenderal Suprapto nomor 111 Banjarnegara, memiliki berbagai koleksi buku baik fiksi maupun nonfiksi yang keseluruhannya terdiri dari 50.999 eksemplar dan 29.485 judul. (Khm/ak/rf)