MI Muhamadiyah Ngaliyan Sembelih 2 Ekor Sapi dan 7 Kambing

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang – Chusnul Khotimah selaku Kepala MI Muhammadiyah Kecamatan Ngaliyan, Rabu (5/7/2023) melaporkan kepada pengawas masdrasah Kankemenag Kota Semarang, jika dalam rangka Hari Raya Idul Adha 1444 H/2023 M, madrasah yang dipimpinnya juga melaksanakan penyembelihan hewan kurban. Laporan tersebut ia sampaikan melalui pesan whatsapp. “Alhamdulillah pada Kamis lalu (29/6/2023), MI Muhammadiyah Kec. Ngaliyan menyembelih 2 ekor sapi dan 7 ekor kambing,” lapornya.

Ia mengatakan, dalam kegiatan penyembelihan ini juga melibatkan peserta didik. “Dalam kegiatan penyembelihan, kami melibatkan seluruh jajaran guru dan karyawan madrasah, juga anak-anak. Meskipun telah memasuki masa libur kenaikan kelas dan cuti bersama, alhamdulillah banyak yang bisa ikut berpartisipasi,” ungkapnya.

“Melalui kegiatan ini, kami mengajarkan secara langsung kepada peserta didik, bagaimana cara menyembelih yang benar sesuai syariat Islam, dan hikmah dari kegiatan penyembelihan hewan kurban itu sendiri. Anak-anak kami ajak untuk ikut melakukan penimbangan daging hasil sembelihan, mengepak, dan juga mendistribusikannya,” imbuhnya.

Chusnul Khotimah menuturkan, hasil sembelihan hewan kurban dibagikan kepada keluarga madrasah dan masyarakat sekitar yang kurang mampu. “Alhamdulillah daging dari hasil sembelihan tersebut kami bagikan hari itu juga kepada keluarga madrasah dan masyarakat sekitar yang memang kurang mampu, sehingga harapannya kita bisa berbagi di Hari Raya ini dengan saudara-saudara kita yang kurang beruntung,” terangnya.

Ia berharap, kegiatan penyembelihan hewan kurban di MI Muhammadiyah Kecamatan Ngaliyan bisa dilakukan rutin setiap tahun, dan melibatkan siswa lebih banyak lagi.(Atun/NBA/bd)