MI Takhasus Darul Ulum dan MI Darul Ulum Juarai Lomba Parade Kontingen Porsema XII Tingkat SD/MI LP Ma’arif NU

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang, Kabar gembira kembali disampaikan oleh MI Takhasus Darul Ulum dan MI Darul Ulum. Keduanya berhasil menjuarai Lomba Parade Kontingen Pekan Olahraga dan Seni Ma’arif (Porsema) XII Tingkat MI/SD yang digelar oleh Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif NU PCNU Kota Semarang Tahun 2022, Sabtu (1/10/2022).

Dalam lomba tersebut, MI Takhasus Darul Ulum dinyatakan sebagai juara I dan MI Darul Ulum sebagai juara II.

Mereka memang layak dinyatakan sebagai pemenang, karena dalam Lomba Parade Kontingen PORSEMA XII, keduanya tampil secara apik. “Tampilannya sungguh totalitas,” tutur penonton yang turut menyaksikan parade tersebut.

Kontingen MI Takhasus Darul Ulum mengenakan pakaian adat nusantara, dari mulai Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, Sumatra, Kalimantan, Betawi, Bangka Belitung, Aceh, Bali, Madura, Papua, dan masih banyak lagi lainnya. Selain itu, ada pula kontingen yang berkostum dan berdandan menirukan Presiden Indonesia, dari mulai Soekarno hingga Jokowi. Tak hanya itu, ada pula yang mengenakan pakaian pahlawan nasional seperti, Cut Nyak Dien, RA. Kartini, Pangeran Diponegoro, Jenderal Sudirman, dan beberapa tokoh pahlawan nasional lainnya. “Menarik, kontingen dari MI Takhasus Darul Ulum ada yang mengenakan pakaian adat nusantara, ada pula yang berkostum ala Presiden RI, dan tokoh pahlawan nasional. Mereka berjalan mengikuti miniatur tugu muda yang diarak menggunakan mobil bak terbuka. Sungguh kreatif,” ujar penonton lainnya.

“Berbeda dengan MI Takhasus Darul Ulum, kontingen MI Darul Ulum menampilkan replika kereta kencana, yaitu mobil bak terbuka yang mereka tutup dengan menggunakan gabus, dihias dan diwarnai sedemikian rupa sehingga nampak bak kereta kencana nan megah. Penumpangnya pun mengenakan pakaian adat Jawa Tengah, dan pengiringnya juga mengenakan kebaya dan pakaian busana muslim ala santri nasional,” imbuhnya.

Parade dimulai pukul 09.00 WIB dan berakhir pada pukul 11.00 WIB siang, dan diikuti oleh 2018 peserta.

Dalam parade tersebut, kontingen berjalan secara berurutan dari halaman Balaikota Semarang menuju Jalan Imama Bonjol, kemudian ke arah Paragon Mall, dan kembali ke halaman Balaikota.(Atun/NBA/bd)