MIM TLODAS  Sukses adakan Ujian Madrasah Berbasis Komputer

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – Siswa-siswa kelas VI MIM Tlodas telah selesai melaksanakan Ujian Madrasah Berbasis Komputer (UMBK). Ujian berlangsung selama satu pekan mulai hari Rabu 11 Mei sampai dengan hari Kamis tanggal 19 Mei 2022. Ujian Madrasah Berbasis Komputer (UMBK) ini merupakan Ujian yang berbasis komputer pertama pada jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI). (20/5)

“Madrasah harus benar-benar mempersiapkan segala sesuatunya yang berkaitan dengan pelaksanaan UMBK ini, komputer, wife dan listrik.” Pesan Pengawas RA/MI Kecamatan Pejawaran Hisam, saat rapat Koordinasi K3MI Kec. Pejawaran. Selain itu beliau juga berpesan untuk mempersiapkan semua administrasi ujian

Meski dengan keterbatasan sarana prasarana, semua Madrasah bertekad untuk melaksanakan Ujian Madrasah Berbasis Komputer. “ Madrasah saya akan menggunakan HP (android) untuk ujian madrasah karena belum memiliki Komputer atau laptop yang memadai dengan jumlah siswa yang banyak.” Kata Junaedi Kepala MI Muhammadiyah Penusupan saat Rapat Koordinasi K3 MI Kecamatan Pejawaran berkaitan dengan Persiapan UMBK.

Ketua K3MI Pejawaran Suharno, S.Pd. berpesan kepada semua Kepala Madrasah untuk melakukan pembekalan kepada semua Pengawas Ujian untuk mendampingi peserta Ujian Madrasah terutama pada saat mengisi identitas agar tidak terjadi kesalahan.

MI Muhammadiyah Tlodas sendiri karena siswanya sedikit bisa melaksanakan Ujian Madrasah dengan menggunakan laptop. “Madrasah kami bisa menggunakan laptop karena siswanya sedikit” ungkap Syatiroh Kepala MI Muhammadiyah Tlodas.

“Alhamdulillah Ujian berjalan lancar,  kendala tetap ada tetapi tidak sampai membuat siswa gagal ujian.” Jelas Sri Pujiani wali kelas 6. Beliau menyebutkan kendala yang terjadi yaitu listrik tiba-tiba padam sebentar, laptop  langsung mati dan saat hidup lagi semua jawaban siswa hilang tidak tersimpan. Namun demikian siswa tidak panik dan bisa mengerjakan kembali.

“Kedepan kalau memang Ujian Madrasah harus berbasis Komputer semoga madrasah-madrasah ditingkat MI bisa memiliki perangkat yang memadai, sehingga Ujian Madrasah bisa berjalan dengan lancar dan sukses” ungkap Kepala MI Muhammadiyah Tlodas.

Secara umum Ujian Madrasah Berbasis Komputer tingkat MI di Kecamatan Pejawaran berjalan dengan lancar, tidak ada kendala yang berarti. (st/ak/rf)