MIN 2 Temanggung Gelar Penguatan Literisasi Dalam Rangka Peringati Hari Buku Nasional

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Temanggung – Dalam rangka memperingati Hari Buku Nasional yang jatuh setiap tanggal 17 Mei, MIN 2 Temanggung 2 mengadakan kegiatan penguatan literasi. Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan bersama-sama membaca buku yang dibawa masing-masing siswa dari rumah. Kegiatan ini dilaksanakan  di halaman MIN 2 Temanggung, Rabu (17/5).

Kegiatan dilaksanakan selama kurang lebih 1 jam mulai pukul 07.00 s.d 08.00 pagi. Setelah kegiatan selesai, siswa masuk ke dalam kelas masing-masing dan diberikan tugas untuk membuat resume yang meliputi judul, pengarang, penerbit dan isinya. Hasil resume dikumpulkan oleh wali kelas masing-masing untuk didokumentasikan sebagai portoflio kegiatan. Selanjutnya buku dikumpulkan dan ditata pada rak pojok baca masing-masing kelas sebagai koleksi.

Kepala MIN 2 Temanggung, Nur Mahsus disela-sela kegiatannnya menyampaikan bahwa “bangsa yang maju adalah bangsa yang memiliki tingkat literasi yang tinggi yang dapat diukur dari tingkat kegemaran masyarakatnya. Oleh karena itu buku menjadi bagian penting yang tidak dapat ditinggalkan sebagai sarana memperoleh informasi maupun hiburan.

Penetapan hari Buku Nasional sendiri diharapkan dapat menumbuhkan budaya membaca dikalangan masyarakat serta meningkatkan minat baca masyarakat, seperti yang diketahui bahwa minat membaca masyarakat Indonesia masih rendah.

“Tujuan dari rangkaian kegiatan di atas diharapkan para siswa MIN 2 Temanggung khususnya semakin meningkat kecintaan terhadap buku dan aktif berkunjung ke perpustakaan untuk mendapatkan informasi, hiburan, pengetahuan sehingga akan meningkatkan kegemaran membaca  serta menumbuhkan budaya membaca dikalangan MIN 2 Temanggung,“ tutupnya. (nm/rf)