Bimbingan Manasik Haji Tingkat Kabupaten Temanggung Tahun 1444 H / 2023 M

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Temanggung – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung melalui Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh menyelenggarakan pelaksanaan kegiatan “Bimbingan Manasik Haji Tingkat Kabupaten tahun 1444 H/2023 M.

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari  yaitu yang pertama sudah dilaksanakan pada tanggal 9 Mei 2023 dengan dibuka oleh Bupati Temanggung. Sedangkan Manasik tingkat kabupaten yang kedua dilaksanakan di Aula KBIHU Babussalam Temanggung, Rabu (17/5).

Kegiatan ini dihadiri 655 jamaah calon Haji di Kabupaten Temanggung. Dengan narasumber Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, H. Fatchur Rochman, DKK Kab. Temanggung, H. Sarjana dan Kepala KUA  Temanggung, H. Sholahudin Al Ayubi.

Dalam sambutan yang dilanjutkan penyampaian materi Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Temanggung, H. Fatchur Rochman  menyampaikan  jumlah jamaah calon Haji Kabupaten Temanggung sebanyak 655 orang dan dibagi menjadi tiga kloter yaitu kloter 18,19 dan kloter 20.

Dikatakan lebih lanjut, bahwa tahun ini jamaah banyak yang usianya diatas 70 tahun keatas atau lansia, olehnya itu ia berharap kepedulian antar jamaah untuk saling membantu.

“Banyak jamaah kita yang membutuhkan bantuan kita, yang membutuhkan kepedulian kita, terutama kepada bapak dan ibu yang masih muda-muda dan masih kuat, mari membantu petugas mengurus jamaah lansia atau sakit, karena tidak mungkin petugas kloter yang hanya beberapa orang dapat melayani kita semua,” pesannya.

Fatchur Rochman mengingatkan kepada semua jamaah untuk selalu bersabar dalam segala hal dan kepada petugas untuk senantiasa ramah dan memberikan pelayanan yang prima pada jamaah haji lanjut usia atau lansia.

“Pendampingan terhadap jamaah lansia menjadi penting karena mereka kelompok rentan. Jamaah lansia memiliki keterbatasan, sehingga perlu didampingi oleh jamaah lain atau petugas,” pintanya.

Kegiatan dilanjutkan penyampaian materi tentang kesehatan haji oleh petugas kesehatan dan materi alur perjalanan haji oleh Kepala KUA Temanggung.(sr/rf)