MIN Kota Semarang Gelar Pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun Pelajaran 2022/2023

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang – Senin (29 Mei 2023), MIN Kota Semarang melaksanakan Penilaian Akhir Tahun Pelajaran 2022/2023. Penilaian ini akan berlangsung selama dua minggu ( 29 Mei – 10 Juni 2023). Guna suksesnya pelaksanaan penilaian tersebut, Nadzib selaku Kepala Madrasah menunjuk Gunawi sebagai Ketua Panitia.

“Penilaian Akhir Tahun merupakan momen penting dalam rangka mengevaluasi pencapaian siswa selama satu tahun pelajaran. Melalui penilaian ini, siswa diuji kemampuan dan pemahamannya dalam berbagai mata pelajaran. Penilaian dilakukan secara komprehensif dan bertujuan untuk memberikan gambaran yang jelas mengenai kemajuan belajar siswa,” tutur Nadzib.

“Selama dua minggu ke depan, para siswa MIN Kota Semarang akan menghadapi serangkaian tes dan ujian pada berbagai bidang yaitu pelajaran umum antara lain, Matematika, Bahasa Indonesia, IPA, IPS, PPKn, Bahasa Inggris dan PJOK, serta Pelajaran Agama seperti, SKI, Fikih, Akidah Akhlak, Alquran Hadis, dan Bahasa Arab,” terangnya.

Lebih lanjut, Nadzib menuturkan, pada tahun ini MIN Kota semarang menggunakan dua kurikulum dalam KBM yaitu Kurikulum Merdeka untu kelas 1 dan 4, dan Kurikulum 2023 bagi kelas 2, 3 dan 5.

Menurut Nadzib, selaku Ketua Panitia, Gunawi telah melaksanakan tugasnya dengan baik. “Pak Gunawi mampu mengkoordinasikan semua tim yang terlibat dalam pelaksanaan penilaian ini. Ia memastikan bahwa semua timnya juga memperhatikan faktor-faktor pendukung seperti, keamanan dan kenyamanan peserta ujian. Mereka juga bekerjasama dengan petugas keamanan dan tenaga kebersihan, untuk memastikan ruang ujian steril dan aman dari gangguan eksternal. Persiapan dan prosedur yang diperlukan telah dilakukan dengan baik agar pelaksanaan berjalan dengan sukses,” ungkapnya.

Nadzib menerangkan, Sabtu (27 Mei 2023), ia bersama Panitia mempersiapkan pelaksanaan ujian dengan cukup matang, mulai dari menyiapkan jadwal pelaksanaan yang rinci, termasuk waktu dan tempat pelaksanaan untuk setiap mata pelajaran, mengoordinasikan soal-soal dengan dengan pihak madrasah dan guru terkait, untuk memastikan terpenuhinya sarpras yang dibutuhkan.

“Salah satu aspek penting yang perlu diperhatikan dalam pelaksanaan kegiatan ini adalah kerja kolaboratif antar tim. Setiap tim, mulai dari pengawas, pengawas ruangan, hingga pengoreksi jawaban, bekerjasama secara sinergis untuk memastikan kelancaran proses penilaian. Mereka memiliki peran dan tanggung jawab masing-masing yang dijalankan dengan penuh dedikasi,” ujarnya.

“Kita berharap, semua siswa dapat menghadapi penilaian ini dengan sikap yang positif dan bersemangat untuk menunjukkan kemampuan terbaik mereka. Selain itu, para guru juga diharapkan memberikan dukungan dan bimbingan yang maksimal kepada siswa selama proses penilaian berlangsung,” sambungnya.

Ia berharap, dengan kerjasama dan koordinasi yang baik dari panitia dan semua pihak terkait, pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun Pelajaran 2022/2023 berjalan dengan sukses dan memberikan manfaat yang optimal bagi kemajuan pendidikan di MIN Kota Semarang. “Semoga hasil penilaian ini dapat menjadi acuan untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan di masa depan,” pungkasnya.(fw/NBA/bd)