Monitoring GPAI, Kemenag Dorong Kerjasama Sekolah dengan Penyuluh Agama Islam

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Mungkid – Montoring Guru Pendidikan Agama Islam (GPAI) dilakukan oleh Kantor Kementerian Agama kabupaten Magelang di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Grabag. Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Khoironi Hadi didampingi Kasi PAIS, Fauzi Nurhadi pada Kamis, (11/08/2022).

Tim monitoring disambut baik oleh Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Grabag, Sodiq Mujazin. Sodiq menjelaskan terkait dengan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Grabag terutama pembelajaran pasca pandemi covid 19, termasuk jumlah GPAI yang ada di SMP Negeri 2 Grabag 2 orang dengan jumlah murid 552 siswa.

Melihat kasus-kasus yang ada di masyarakat terutama terkait dengan pelajar tingkat menengah pertama, dibutuhkan penguatan Pendidikan Agama. Hal tersebut sangat berpengaruh signifikan terhadap pembentukan karakter siswa. Khoironi Hadi menyampaikan perlunya sinergitas sekolah dengan masyarakat maupun lingkungan. “Pendidikan Agama Islam perlu dilakukan secara sinergis dan sistematis dengan melibatkan komponen masyarakat dilingkungan sekolah maupun lingkungan tempat tinggal siswa,” ungkap Khoironi Hadi.

Fauzi Nurhadi menyampaikan tujuan monitoring yang dilakukan Kemenag Kabupaten Magelang salah satunya untuk menjalin sinergitas dalam rangka peningkatan capaian hasil Pendidikan Agama Islam. “Silaturahim dilakukan untuk memperkuat dan membuka kran komunikasi antara sekolah dengan KUA khususnya Penyuluh Agama Islam dalam penguatan capaian hasil pendidikan Agama Islam,” papar Fauzi Nurhadi.

Sodiq Mujazin selaku Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Grabag menyampaikan kesiapannya melakukan sinergitas dalam rangka penguatan dan peningkatan capaian hasil Pendidikan Agama Islam. “Kami akan melakukan terobosan-terobosan terkait dengan peningkatan kualitas ndidikan Agama Islam disekolah,” katanya.

Dalam pertemuan tersebut disepakati beberapa point penting, diantaranya sekolah akan mengoptimalkan jejaring komunikasi dengan pihak-pihak terkait guna mendukung keberhasilan pendidikan Agama Islam dan implementasi nya. Dengan adanya peningkatan capaian hasil Pendidikan Agama Islam diharapkan adanya peningkatan kualitas karakter Pendidikan Agama Islam pada siswa.(FS/Sua)