MTQ XXIX Jateng 2022 Ditutup, Musta’in Ahmad : Hasil Penjurian Transparan dan Jujur

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang (Humas) – Musabaqah Tilawatil Qur’an ( MTQ ) ke XXIX Tingkat Provinsi Jawa Tengah (Jateng) Tahun 2022 resmi ditutup oleh Wakil Gubernur Jateng, Taj Yasin Maimoen di Simpang Lima Semarang, Minggu (24/7) malam.

Malam penutupan MTQ telah menetaskan para juara yang nantinya akan berkompetisi di tingkat nasional.

Taj Yasin Maimoen atau yang akrab disapa Gus Yasin berpesan kepada para juara untuk segera mempersiapkan diri mengikuti gelaran MTQ XXIX nasional yang rencananya akan digelar di Kalimantan Selatan tahun ini.

“Selamat untuk para pemenag yang nanti akan mewakili Jateng dan bersiaplah untuk mengikuti kompetisi MTQ di tingkat nasional. Mulai hari ini, mulai malam ini, belajar, tingkatkan terus kualitas dan mutu. Buktikan kesuksesan hari ini berlanjut di tingkat nasional,” ucap Gus Yasin yang juga Ketua Umum LPTQ Jateng.

“Ajang MTQ XXIX bukan hanya sekedar lomba. Ajang ini diharapkan menjadi berkah untuk warga Jawa Tengah karena dengan membaca Al-Qur’an berarti ikut memuliakan wahyu Allah. Harapannya negara kita segera diangkat dari Covid-19, segera dihilangkan penyakit yang melanda ternak kita,” imbuhnya.

Penyelenggaraan MTQ XXIX

Kakanwil kemenag Prov. Jateng, Musta’in Ahmad saat laporan penyelenggaraan MTQ XXIX, Minggu (24/)

Lebih lanjut, Kakanwil Kemenag Prov. Jateng, selaku Ketua LPTQ Jateng, Musta’in Ahmad menyampaikan bahwa penilaian musabaqah dilakukan dengan transparan, jujur, amanah dan obyektif.

“Penilaian yang telah dilakukan oleh 66 Dewan Hakim terdiri dari 3 Dewan Hakim LPTQ Tingkat Nasional dan 63 Dewan Hakim tingkat Provinsi Jawa Tengah dan didukung oleh 46 orang Panitera dan 6 orang Pengawas insyallah semuanya pelaksanaan penilaian musabaqah dengan jujur, amanah dan obyketif. Penilaian ini juga transparan di mulai dari awal hingga penilaian. MTQ Tahun ini tingkat Provinsi Jawa Tengah pertama kali dalam penggunaan IT, para peserta juga bisa melihat langsung nilai yang diperoleh,” ungkap Kakanwil.

Lebih dari itu, Kakanwil juga melaporkan bahwa penggunaan IT dalam pelaksanaan MTQ tingkat Prov. Jateng dapat digunakan dengan baik dan sangat membantu penyelenggaraan musabaqah “Hal ini menandakan kesiapan Jateng, untuk siap menyelenggarakan MTQ nasional tahun depan,” tambahnya.

Peserta MTQ sebanyak 832 orang dari delapan cabang dengan 23 golongan putra dan putri diikuti oleh 35 kafilah kab/kota se – Jawa Tengah. Kegiatan dilaksanakan pada 22 s.d 25 Juli 2022.

Juara Umum MTQ XXIX Tingkat Provinsi Jawa Tengah tahun 2022 diraih oleh kafilah Kota Semarang. Pengumuman juara umum dan para pemenang disampaikan Sekretaris Dewan Hakim Badrussalam. Seusai penyerahan Trophy dilanjutkan dengan Jateng Bershalawat bersama Habib Ali Zainal Abidin Assegaf. (d/rf)

Piala bergilir diserahkan Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin Maimoen kepada Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu pada saat penutupan MTQ XXIX.
Jateng Bershalawat bersama Habib Ali Zainal Abidin Assegaf