MTs Al Ma’arif Rakit Berikan Santunan Anak Yatim

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – Baru-baru ini MTs Al Ma’arif Rakit adakan acara santunan anak yatim, piatu, dan yatim piatu yang bertempat di Mushola madrasah, Senin (8/8). Kegiatan ini merupakan program tahunan madrasah yang diwadahi Organisasi Siswa Intra Sekolah (Osis).

Setiap memasuki bulan Muharram, madrasah dan Osis bekerjasama menggalang dana suka rela dari segenap warga madrasah, baik guru dan karyawan serta seluruh siswa untuk kemudian dana tersebut dialokasikan untuk pemberian santunan, utamanya siswa-siswi yatim, piatu, yatim piatu yang sebelumnya dilakukan pendataan terlebih dulu. Madrasah juga memberikan santunan bagi santri yatim, piatu, dan yatim piatu yang berada di pondok pesantren sekitar madrasah.

Menurut penuturan kepala madrasah, Khamdan Riyadi, tujuan program ini adalah untuk memberikan hak anak yatim sebagaimana tercantum dalam Q.S. An Nisa ayat 36. Selain itu, menumbuhkan nilai sosial dalam membentuk pribadi yang penyayang dengan berbagi terhadap sesama, serta mempererat tali persaudaraan sesama muslim. “ Acara santunan ini merupakan bentuk pelaksanaan perintah Allah Swt. dan Nabi Muhammad Saw. yang bertepatan dengan 10 Muharram. Selain itu, sebagai bentuk kasih saying bapak ibu guru, karyawan, dan siswa-siswi kepada saudara mereka yang yatim dan piatu.” tambahnya.

Sementara itu, Desy Dwi Cahyani, selaku Pembina Osis menambahkan, bahwa melalui program santunan ini diharapkan siswa-siswi dapat lebih peduli, berbagi, dan berkasih sayang dengan sesama. “Selain untuk melatih siswa untuk lebih peka dan peduli dengan sesama, melalui kegiatan santunan ini diharapkan para siswa lebih bisa mensyukuri apapun kondisi mereka, semangat dalam berkegiatan sosial dan untuk mereka yang mendapat santunan pun diharapkan bisa memahami bahwa di sekitar mereka banyak saudara yang mengasihi mereka.” ujarnya.

Acara ditutup dengan penyerahan dana santunan yang diiringi dengan lantunan sholawat,. “Semoga rezeki yang kami dapat penuh dengan berkah dan manfaat, dan saya berdoa semoga Bapak Ibu guru serta seluruh saudara kami selalu sehat, dalam lindungan Allah, serta mendapatkan rezeki yang lancar dan berkah.” doa Felisa, perwakilan peserta santunan. (ys/ak/rf)