081128099990

WA Layanan

08.00 - 16.00

Senin - Jumat

MTs Ath Thahiriyah Pucungbedug Adakan Pemeriksaan Kadar HB Siswa

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – MTs Ath Thahiriyah Pucungbedug, Purwanegara bekerja sama dengan UPTD Puskesmas Purwanegara 2 memeriksa kadar Hemoglobin (Hb) darah siswi Madrasah Madrasah Tsanawiyah untuk kelas VII. Rabu (4/1/2023) di halaman atas madrasah.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, khususnya remaja putri. Selaras dengan hal tersebut, siswi MTs Ath Thahiriyah Pucungbedug diminta untuk diperiksa kadar HB darahnya oleh petugas Puskesmas yang berjumlah 3 orang terdiri dari nutrisionist, bidan dan petugas laboratorium.

Menurut salah seorang Nutrisionist Septina Rizky A. M, tujuan pemeriksaan hemoglobin kepada siswa madrasah untuk mengukur kadar hemoglobin yang ada dalam tubuhnya. “Selain itu tujuan pemeriksaan hemoglobin sebagai deteksi dini terhadap adanya gejala anemia secara umum,” katanya.

Lanjut Septina, remaja putri memiliki fase menstruasi tiap satu bulan dan ditambah pertumbuhannya yang pesat, maka dibutuhkan asupan zat gizi kuat dan seimbang. Salah satunya mengandung zat besi (Fe), karena jika tubuh kekurangan Fe dalam darah dapat berisiko terkena anemia atau kurang darah. “Jadi mengakibatkan kekurangan hemoglobin dalam darah, karena kurangnya oksigen yang ditransfer ke sel tubuh maupun otak,” timpal Septina.

Ditambahkan Septina, Gejala anemia adalah 5L, yakni letih, lesu, lemah, lelah, dan lalai. Pada anak atau remaja, dapat menurunkan kecerdasan serta prestasi belajar, maka disarankan, siswi MTs Ath Thahiriyah Pucungbedug, agar menjaga asupan gizi seimbang. “Utamakan makanan mengandung Fe, seperti daging, ikan, sayuran hijau,” ujarnya.

Yati mengharapkan agar siswi MTs Ath Thahiriyah Pucungbedug, memeriksakan kadar Hb agar dapat mengetahui Hb masing-masing. “Dan jika kalian kekurangan kadar HB itu akan berakibat kinerja otak terganggu sehingga aktivitas belajar kalian menurun yang akhirnya dapat merugikan diri kalian sendiri,” pintanya.

Sementara salah seorang siswi kelas VII A Sazkia Intan Anastasi mengaku sangat senang mengetahui kadar Hb. “Buat apa takut diambil darah, ini kan untuk cek kesehatan, dan Alhamdulillah, setelah diperiksa Hb darah saya 13.5gr/dl dalam kategori normal,” ungkap Intan

Pembina Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) MTs Ath Thahiriyah Pucungbedug, Eranita Santi Meliyani, S. E, mengharapkan kegiatan pemeriksaan kadar Hb siswi akan terus berlanjut, setidaknya setiap 3 bulan sekali sehingga kesehatan siswa dapat terpantau.

“Saya ucapkan terima kasih atas kerjasama semua ini, semoga kegiatan ini dapat memberi dampak positif bagi kesehatan siswi kami, dan kalau sehat siswi MTs Ath Thahiriyah Pucungbedug semakin mudah untuk menciptakan siswi berkualitas dan bermartabat bagi dirinya,” pungkasnya. (Ak/ast/rf)