MTs N 2 Banjarnegara Sukses Laksanakan Gladi AKMI 2022, Berikut Langkah-Langkahnya.

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – MTs Negeri 2 Banjarnegara telah sukses melaksanakan Gladi Bersih AKMI Tahun 2022. Ditunjuk sebagai Madrasah Piloting Project di kabupaten Banjarnegara untuk melaksanakan Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI). MTs Negeri 2 Banjarnegara mampu melaksanakan Gladi Resik AKMI hari Jumat – Sabtu (16-17/09) berjalan dengan lancar.

Pelaksanaan AKMI pada tingkat MTs kali ini dilakukan dengan sistem semi online, yaitu menggunakan server pada tiap ruangan. Dengan masing-masing ruang maksimal adalah 20 peserta. Server ruang ini sebagai pusat pengendali pelaksanaan AKMI dan yang akan memantau kegiatan tes pada komputer client. Seseorang yang memegang kendali server ruang inilah yang disebut dengan Proktor. Dan server ruang inilah yang terhubung dengan server pusat.

Mengutip penjelasan dari Mujib Abdillah, Teknisi dan juga proktor AKMI MTs Negeri 2 Banjarnegara yang telah berpengalaman, kita simak langkah-langkah yang harus dilakukan madrasah, sehingga pelaksanaan Asesmen dapat berjalan dengan lancar. Sebelum pelaksanaan AKMI, telah dilakukan persiapan-persiapan yang diantaranya adalah :

– Persiapan Lab dan Jaringan Komputer

MTs Negeri 2 Banjarnegara memiliki 2 Laboratorium Komputer dengan masing-masing laborat berdaya tampung 56 Personal Computer (PC) dan terbagi menjadi 2 ruang/server dan keseluruhan personal komputer sudah terhubung dengan jaringan internet. “Jadi kami memiliki 4 ruang/ server untuk melaksanakan AKMI pada tahun ini serta Seluruh PC sudah terhubung dengan internet dengan kecepatan Up to 100 Mbps”. Ungkap Mujib.

– Maintenance

Tim Teknis bersama proktor melakukan Maintenance terhadap seluruh PC yang akan digunakan peserta AKMI dengan tujuan untuk memastikan seluruh komputer dalam keadaan “sehat”.

– Pengunduhan dan Instalasi Perangkat Lunak AKMI

Keterlaksanaan AKMI menggunakan perangkat lunak khusus, yaitu Virtual Disc Image (VDI) AKMI yang dipasang di komputer server ruang. Dan Browser khusus yang telah disediakan pusat untuk dipasang pada seluruh komputer client peserta.

  • Sinkronisasi dengan Server Pusat.

Setelah VDI diunduh dan dipasang pada komputer server ruang, kemudian proktor melakukan sinkronisasi dengan pusat. Waktu pelaksanaan sinkronisasi antara server ruang dengan server pusat, waktu sinkronisasinya ditetapkan dan dibatasi oleh server pusat.

– Lakukan Backup Data

Disarankan para proktor untuk membackup data yang ada pada VDI, hal ini bertujuan apabila terjadi kendala teknis, seperti komputer rusak, data hilang, dsb. Kita dapat dengan mudah mengatasinya dan mengembalikan data-data yang ada.

– Pelaksanaan AKMI di MTs N 2 Banjarnegara

Tugas Proktor di sini sangat penting, Pada saat pelaksanaan AKMI, proktor memastikan File VDI sudah sinkron, memastikan daftar peserta, dan memantau status peserta AKMI sampai peserta selesai mengerjakan Asesmen, sehingga pelaksanaan AKMI dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Demikian langkah-langkah yang harus kita lakukan dalam penyelenggaraan AKMI Tahun 2022. Semoga dapat bermanfaat bagi pembaca. (hf/ak/rf)