MTSN 1 Siapkan Peserta Didik Ikuti Berbagai Lomba Penelitian

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Mungkid – Dalam rangka meningkatkan dan persiapan menyongsong berbagai lomba penelitian yang akan diikuti, Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTSN) 1 Magelang menyelenggarakan Pelatihan Penelitian dan Penulisan Karya Ilmiah kepada siswa-siswi kelas 7 dan 8 Program Khusus (PK), pada hari Selasa (07/06/2022) pukul 08.00 WIB s.d selesai.

Selain itu, Pelatihan ini dilaksanakan dalam rangka mengembangkan potensi, bakat dan minat siswa Madrasah dalam bidang Riset atau Penelitian Ilmiah. MTsN 1 Magelang terus memantapkan diri sebagai salah satu Madrasah Riset yang mendapat Surat Keputusan (SK) penunjukkan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.

Dalam sambutannya, H. Gunartomo, selaku Kepala MTs N 1 Magelang, menyampaikan harapannya para siswa mengenai Kegiatan tersebut. “ Diharapkan para siswa sebagai peserta Madrasah Riset memiliki perubahan cara berpikir, harus lebih kritis, peka terhadap permasalahan di masyarakat, berpikir kreatif. Dibutuhkan keberanian untuk meneliti dan menulis serta mengembangkannya “demikian ungkapnya.

Dalam Agenda tersebut, Mts N 1 Magelang mengundang bapak Indra Dwi Suryanto, S.Pd dari Tim Cendekia Riset Yogyakarta untuk memberikan pencerahan dan penajaman bidang Riset yang nanti kedepannya akan segera diaplikasikan dalam perlombaan yang diikuti.

Kegiatan Pelatihan yang dihadiri 130 siswa diarahkan untuk dikelompokkan ke bidang-bidang riset yang disiapkan. Terdapat 3 bidang yang menjadi titik fokus yaitu bidang Sains, Humaniora dan Keagamaan. Siswa memilih bidang riset yang sesuai dengan minat dan bakatnya sehingga diharapkan pada pelaksanaannya akan lebih efektif. (FS/rf)