MUSDA MUI X Kota Surakarta, Memantapkan Peran MUI Sebagai Mitra Strategis Dalam Mewujudkan Islam Wasathiyah di Surakarta

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Surakarta (Humas) – Pembukaan Musyawarah Daerah (MUSDA) MUI X Kota Surakarta, digelar pada hari Rabu, (18/10/2023M, 3 Rabiul Akhir 1445 H). Bertempat di Bale Tawang Arum, Kompleks Balaikota Pemerintah Kota (Pemkot) Kota Surakarta, MUSDA dimulai pukul 08.00 WIB. Peserta MUSDA terdiri dari Dewan Penasehat MUI Kota Surakarta, Dewan Pimpinan Harian MUI Kota Surakarta, Utusan yang ditunjuk oleh Pemerintah Kecamatan se-Kota Surakarta, Pimpinan Ormas Islam Kota Surakarta yang ditunjuk oleh Panitia MUSDA MUI X, Pimpinan Pondok Pesantren yang ditunjuk oleh Forum Komunikasi Pondok Pesantren (FKPP) Kota Surakarta dan Tokoh Agama dari berbagai agama.

Tema MUSDA MUI X kali ini adalah “Memantapkan Peran MUI Sebagai Mitra Strategis Dalam Mewujudkan Islam Wasathiyah di Surakarta”.

Rangkaian pembukaan MUSDA MUI X Kota Surakarta dimulai dengan laporan panitia yang disampaikan oleh Hidayat Maskur, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Surakarta sekaligus Ketua Panitia MUSDA MUI X Kota Surakarta.

 

“Kegiatan MUSDA MUI hari ini, sepenuhnya dibiayai dari APBD Kota Surakarta. Dan untuk pelaksanaan kegiatan MUSDA, kita laksanakan satu hari, yakni pada hari Rabu, tanggal 18 Oktober 2023. Semoga nanti tidak berlarut-larut dan sampai mengah malam,” tutur Hidayat Maskur.

Ketua MUI Provinsi Jawa Tengah, Ahmad Daroji juga turut hadir dalam pembukaan MUSDA MUI X Kota Surakarta dan memberikan sambutan. Dalam sambutannya, Ahmad Daroji menuturkan bahwa MUI adalah partner Pemerintah di dalam menjalankan tugas lihayatul ummah, menjaga umat dan mempersatukan umat.

Ahmad Daroji juga menyampaikan bahwa saat ini MUI sudah Bersiap untuk menempatkan diri dalam menghadapi pemilu tahun 2024. Beliau menyatakan bahwa MUI telah menetapkan empat halaqah dalam menghadapi pemilu. Empat halaqah tersebut akan dibagi dalam empat sesi yakni, sesi satu, pemilu adalah pesta demokrasi; sesi dua, mencari pemimpin yg baik; sesi tiga, janji pemilu adalah utang; dan sesi empat, kemenangan pemilu adalah kemenangan bersama.

“Sing menang ojo umuk, sing kalah ojo ngamuk!,” pungkas Ahmad Daroji.

MUI mengemban tugas yang bertujuan menyejahterakan umat. Indonesia adalah bangsa yang ramah,. Maka, kita (Indonesia) jangan pernah berubah menjadi bangsa yang marah!

Ahmad Daroji juga berpesan dalam sambutannya, seandainya suatu saat ada umarah yang perlu diluruskan, sampaikanlah kritik dengan cara yang lembut. Dan juga sampaikanlah kritik yang membangun, bukan kritik yang menyakitkan.

 

Sementara itu,  Teguh Prakosa selaku Wakil Walikota Surakarta berkesempatan hadir dan membuka MUSDA secara langsung. Dalam sambutan pembukaannya, Teguh Prakosa yang juga sebagai Dewan Pertimbangan MUI Kota Surakarta menyampaikan bahwa MUSDA MUI X Kota Surakarta ini merupakan bukti nyata langkah yang benar dalam hal menetapkan keputusan bagi kepentingan umat.

Kemudian, Teguh Prakosa menyampaikan  pesan dalam melaksanakan MUSDA ini tidak perlu dalam kepengurusan mengkritik pengurus lama bahkan membuka kejelekan atau kekurangannya. Tetapi, justru hal-hal baik dari pengurus lama, kita gunakan untuk memperkuat organisasi dan menyejahterakan umat.

Usai menyampaikan sambutannya, secara resmi Teguh Prakosa membuka MUSDA MUI X Kota Surakarta Tahun 2023.

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan sidang pleno MUSDA MUI X Kota Surakarta dilaksanakan. Pelaksanaan sidang pleno dibagi menjadi empat sesi. Sesi pertama, menyetujui tata tertib; sesi kedua menentukan anggota  formatur; sesi ketiga, sidang komisi untuk menentukan empat utusan dari lima kecamatan; dan sesi keempat, menyusun formatur.

Adapun hasil dari sidang MUSDA MUI X Kota Surakarta Tahun 2023, ditetapkan susunan pengurus MUI Kota Surakarta periode 2023-2028 yang baru, yaitu:

  • Ketua: Abdul Aziz Akhmad, S.H
  • Wakil ketua: Imam Suhadi
  • Sekretaris Umum: Teguh
  • Bendahara Umum: Bambang Harjanto
  • Dewan Pertimbangan: Subari, ex officio Kepala Kantor Kemenag Kota Surakarta, ex officio Wakil Walikota Surakarta

 

Dengan terselenggaranya MUSDA MUI X Kota Surakarta Tahun 2023 ini, telah ditetapkan susunan pengurus yang baru dan program kerja untuk periode 2023-2028. Selanjutnya, pelantikan Pengurus MUI Kota Surakarta periode 2023-2028, akan dilaksanakan dalam waktu dekat. (rmd/bd)