Optimalisasi Bimwin Bagi Calon Pengantin Dalam Membangun Ketahanan Keluarga.

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

KAB.PEKALONGAN,- KUA Kecamatan Tirto kembali menggelar Bimbingan Perkawinan bagi Calon Pengantin yang diselenggarakan selama dua hari bertempat di Aula Kecamatan Tirto, Senin (26/06/2023)

Kepala Sub Bagian TU Kemenag Kab. Pekalongan, H. Muqodam, membuka kegiatan secara resmi sekaligus memberi materi bimbingan. Dalam paparanya Ia menyampaikan tentang optimalisasi bimbingan perkawinan dalam membangun ketahanan keluarga.

Menurutnya Keluarga yang kuat adalah  salah satu fondasi terpenting dalam pembangunan sumber daya manusia sesuai cita-cita luhur bangsa, dan meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia merupakan salah satu agenda prioritas pembangunan sebagaimana harapan dalam Nawa Cita nomor lima yaitu meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia.

Lebih lanjut Muqodam menerangkan bahwa tujuan dari kegiatan bimbingan perkawinan  adalah untuk merespon permasalahan perkawinan dan keluarga di masyarakat, mempersiapkan calon pengantin agar terhindar dari permasalahan perkawinan yang umum terjadi dan untuk meningkatkan kemampuan calon pengantin mewujudkan keluarga sakinah

Dalam kesempatan tersebut, Kasubbag TU juga menerangkan 10 Dimensi Kesiapan Berkeluarga, yaitu Kesiapan usia, kesiapan financial, kesiapan fisik, kesiapan mental, kesiapan emosi, kesiapan sosial, kesiapan moral, kesiapan interpersonal, kesiapan keterampilan hidup dan kesiapan intelektual.

Dijelaskan oleh Muqodam beberapa hal yang harus dipahami oleh calon pengantin yaitu  calon pengantin memahami makna pernikahan bagi masing-masing pasangan, ada komitmen pernikahan, ketiga ada komunikasi efektif antar pasangan, keempat adanya proses penyelesaian masalah, kelima calon pengantin harus memahami pengetahuan finansial, keenam melakukan penyesuaian diri, ketujuh mengetahui cara mempertahankan momentum cinta dan kedelapan ada perencanaan keluarga. (MTb/bd)