Kakankemenag Kota Semarang Kembali Ingatkan Kedisiplinan, Integritas, dan Soliditas

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang – Ahmad Farid, Kakankemenag Kota Semarang selaku pembina apel yang digelar di halaman kantor, Senin (26/6/2023), menandaskan kepada jajarannya bahwa apel pagi merupakan salah satu bentuk komitmen kedisiplinan ASN.

“Apel pagi merupakan salah satu bentuk komitmen kita sebagai ASN, bahwa kedisiplinan itu dimulai dari keikutsertaan dalam apel pagi,” tuturnya.

Namun demikian, Ahmad Farid menekankan, kedisiplinan dan integritas ASN tidak hanya sebatas datang dan pulang sesuai jam kerja, tetapi juga berkinerja di jam kerja. “Integritas dan disiplin itu penting. Sebagai ASN, kontrak kerja kita adalah berkinerja di jam kerja, dan menyelesaikan pekerjaan secara tuntas, sehingga kita harus mengoptimalkan kinerja di jam kerja,” terangnya.

Dibagian lain, Ahmad Farid mengatakan, salah satu kendala yang dihadapi oleh Kemenag Kota Semarang adalah keterbatasan SDM. Oleh karenanya, ia mengimbau kepada ASN setempat untuk meninggalkan egoisme. “Keterbatasan pegawai menjadi salah satu kenyataan yang mau tidak mau kita terima. Untuk itu, pegawai tidak boleh egois. Selain menyelesaikan tupoksinya, juga harus melihat sekitar, apakah rekan di satu ruangan atau satker lain membutuhkan bantuan dalam upaya penyelesaian tusi, karena maknailah bahwa tusi ini merupakan tugas bersama keluarga besar Kemenag, bukan ansih milik salah satu satker atau personil. Satker terkait merupakan leading sectornya, tetapi tusi Kemenag adalah tugas bersama,” tandasnya.

Ahmad Farid juga mengimbau kepada ASN setempat untuk tidak lupa membuat LCKH dan LKB. “Laporan harian dan bulanan merupakan bentuk perimbangan administrasi atas tukin yang kita terima. Jika tidak dituangkan dalam laporan, maka kita dianggap menerima tukin tetapi tidak berkinerja,” ungkapnya.

Ia bersyukur, soliditas ASN di lingkungan Kankemenag Kota Semarang sangat baik, salah satunya bisa terlihat pada saat penyelenggaraan pemberangkatan calhaj Kota Semarang tahun 1444 H/2023 M beberapa waktu lalu. Farid berharap, soliditas dan sinergitas di lingkungan kerjanya terus bisa dipupuk dan ditingkatkan.

Dalam amanatnya pula, Farid mengimbau agar ASN Kemenag Kota Semarang bisa menjadi teladan baik di masyarakat, utamanya dalam pelaksanaan Hari Raya Idul Adha.(NBA/bd)