Orientasi Kepalangmerahan Bagi Pembina di Kab. Pekalongan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kab. Pekalongan – Pembina PMR MTs N 1 Pekalongan, Faizah, S.Pd mengikuti Orientasi Kepalangmerahan Pembina PMR Wira dan Madya Palang Merah Indonesia(PMI) Kabupaten Pekalongan yang dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 22 sampai 24 Agustus 2022 bertempat di PMI Kabupaten Pekalongan Jalan Bahureksa Kajen Kebon Agung Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan. (Rabu, 24 Agustus 2022)

Pembina PMR MTs N 1 Pekalongan Faizah menyampaikan hasil orientasi pada tim jurnalis madrasah bahwa tujuan pembinaan PMR adalah membangun dan mengembangkan karakter PMR yang berpedoman pada prinsip kepalangmerahan untuk menjadi relawan masa depan, hasil yang diharapkan kualitas dan kader relawan. Pendekatan Manajemen PMR antara lain (1) Sebaya yaitu anggota PMR dapat menjadi model/contoh (peer leadership), member dukungan (peer support), serta menjadi pendidik sebaya(peer educator) dalam upaya meningkatkan keterampilan hidup sehat antar remaja. (2) Youth centre adalah PMI kabupaten/kota sebagai pusat pembinaandan pengembangan PMR, yang dibantu oleh para relawan PMI sebagai salah satu strategi pembinaan berkelanjutan.

“Kami sebagai pembina PMR sangat senang mengikuti kegiatan ini karena dapat menjadi wadah pembelajaran dan tempat bertukar pengalaman bagi para bapak dan ibu Pembina PMR, ” tutur Faizah.

“Kegiatan pelatihan ini adalah pelatihan yang luar biasa karena mendapatkan ilmu baru yang dapat dibagikan kepada keluarga besar MTs N 1 Pekalongan, sehingga ilmu yang diterima dapat bermanfaat untuk madrasah kami.” lanjutnya Faizah. (IY-US/Ant/bd).