Pantau Pelaksanaan Matsama 2023 MTs N 1 Banjarnegara, Pengawas Madrasah Kantor Kemenag Kabupaten Banjarnegara Lakukan Monev

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – Pelaksanaan hari ketiga Masa Ta’aruf Siswa Madrasah tahun 2023 MTs Negeri 1 Banjarnegara mendapatkan pemantauan dari pengawas MTs/MA kantor kementerian agama kabupaten Banjarnegara.

Kamis (20/7) Nurlaela Isnaeni tiba di MTs Negeri 1 Banjarnegara guna melakukan pemantauan pelaksanaan Matsama. Nurlaela Isnaeni menyampaikan bahwasanya kegiatan Matsama hendaknya dilaksanakan sesuai dengan petunjuk teknis kegiatan yang sudah disampaikan oleh kementerian.

“Kegiatan Matsama serentak dilaksanakan oleh semua madrasah sejak hari Senin  hingga hari ketiga Kamis ini,  dan tentunya harus dilaksanakan sesuai dengan desain yang sudah kami siapkan. Untuk itu pemantauan ini dilakukan agar kami bisa melihat langsung bagaimana keadaan di lapangan,” ungkap Nurlaela Isnaeni mengawali kegiatan monevnya.

Lebih lanjut pengawas yang akrab di sapa Bu Lela ini juga memberikan motivasi, arahannya bahwa Matsama tahun ini adalah Matsama yang bentuk pelaksanaannya sudah sangat normal karena sudah tidak di masa pandemi. Namun begitu budaya prokes tetap dapat terus dilaksanakan.

“Sebagai kegiatan pengenalan dan adaptasi, maka mustinya jadikan kegiatan Matsama ini sebagai kegiatan yang intinya dapat mengobarkan semangat belajar di tempat baru bagi anak-anak. Tidak terlalu banyak tugas yang tidak bermanfaat,” ucap Nurlaela kepada panitia Matsama Madtsansa.

Eko Widodo selaku kepala MTs Negeri 1 Banjarnegara menyambut hangat kehadiran pengawas MTs MA dengan melaporkan persiapan dan jalannya Matsama sejak hari pertama.

“Terima kasih rawuhnya Bu pengawas , dapat kami laporkan bahwa kegiatan Matsama yang diikuti oleh 320 siswa telah sesuai petunjuk teknis yang disampaikan oleh kementerian. Alhamdulillah kemarin upacara pembukaan juga berjalan lancar. Materi Matsama pun sudah sesuai dengan juknis,” ungkap Eko Widodo melaporkan.

Materi Matsama 2023 yang telah disiapkan dan sesuai dengan petunjuk teknis pelaksanaan kegiatan meliputi Kemadrasahan, Moderasi Beragama dan Budaya Digital serta beberapa materi tambahan yang diijinkan sesuai juknis.

“Kita juga melengkapi kegiatan Matsama dengan baris berbaris dan kegiatan seni. Diharapkan anak-anak tidak jenuh dan dapat meningkatkan keakraban diantara mereka,” terang Ikhsanudin selaku ketua panitia masa ta’aruf siswa madrasah tahun 2023. (Lin/rf)