PAS Usai, Mimau Adakan Sosialisasi RDM

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara-Penilaian Akhir Semester atau yang biasa disebut PAS telah usai. Persiapan-persiapan yang seharusnya dilaksanakanpun sudah mulai terlaksana. Salah satunya rapat sosialisasi tentang raport digital madrasah atau RDM di MI Ma’arif Al Falah Joyokusumo (Mimau) pada Selasa (13/12).

Rapat sosialisasi RDM dipimpin oleh Endro selaku operator madrasah. Ia menjelaskan bahwa RDM adalah aplikasi pengolahan nilai peserta didik, yaitu sebagai pengganti dari Aplikasi Rapor Digital Madrasah (ARD), yang pernah berjalan kurang lebih 2 tahun yang lalu. Aplikasi ini dirilis oleh Kementerian Agama di tahun 2021. Hal ini sangat memudahkan warga madrasah terutama pendidik dalam mengelola maupun mengaksesnya.

Endro menyampaikan tata cara dari memulai membuka, menginstal dan menggunakan aplikasi tersebut. Dalam penyampaiannya Endro berpesan kepada semua guru untuk memperhatikan step by step nya agar kecil kemungkinan kendala yang dihadapi.

“Perhatikan dan cek data siswa, guru dan lainnya semoga tidak ada kendala ketika kita melaksanakan penginputan nilai dan data,”ujar Endro.

Tujuan penggunaan RDM sebagai pengoptimalan layanan pembelajaran di Madrasah. Baik guru kelas ataupun guru mapel hendaknya sudah mempersiapkan nilai sehingga nanti mempercepat penginputan di RDM.

“Silahkan bisa cek dibuka melalui link yang sudah di share, dan RDM sudah bisa mulai dikerjakan, semua guru diharap untuk mengerjakannya dengan teliti, bisa serentak di ruang guru agar lebih bersemangat dan saling sharing,” jelas Endro.

Adapun dalam pengisian RDM memuat beberapa aspek nilai, yaitu pengetahuan nilai harian, nilai PAS/PAT dan aspek keterampilan nilai portofolio, proyek dan unjuk kerja serta penilaian sikap.

Setelah Sosialisasi RDM ini, Wahyul Khomisah selaku Kepala madrasah menyampaikan terima kasih atas kerjasama guru – guru dari mulai dari pelaksanaan PAS sampai dengan koreksi dan penginputan RDM. Beliau berharap semoga bisa berjalan dengan lancar dan penerimaan rapor bisa dilaksanakan tepat waktu. (nf/wk/rf)