Pasca Ikuti Kursus Scouting Skill Pembina Pramuka Metrobara Implementasikan Materi Kepramukaan terhadap Peserta Didik

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – Pasca mengikuti Kursus Scouting Skill atau Kursus Keterampilan Pramuka yang di gelar oleh Kwartir Cabang Banjarnegara yang dilaksanakan pada 25 – 27 Agustus 2022 bertempat di Sanggar Bhakti Pramuka Kwartir Cabang Banjarnegara, pembina pramuka MTs Negeri 2 Banjarnegara atau sering disebut dengan sapaan Metrobara, mengimplementasikan materi kepramukaan terhadap peserta didik.

Jumat (2/9) Surya Widhi Prakosa selaku salah satu pembina pramuka gugus depan pangkalan MTs Negeri 2 Banjarnegara saat ekstrakurikuler pramuka mengimplementasikan materi yang didapat saat mengikuti Kursus Scouting Skill pada minggu yang lalu. Sebanyak 300 peserta didik kelas VII dan segenap dewan penggalang yang terdiri dari sebagian peserta didik kelas VIII dan IX memperoleh materi tersebut.

“Alhamdulillah pada kesempatan yang baik ini, di suasana yang sangat mendukung, saya merasa senang dapat berbagi ilmu atau materi terhadap anak-anak. Kalau saya amati, anak-anak begitu antusias dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pramuka dengan materi Semaphore . Sungguh saya beruntung dapat mengikuti Kursus Scouting Skill. Banyak materi yang disajikan pada kegiatan tersebut. Tentu waktu saya mengikuti kegiatan tersebut, saya berusaha semaksimal mungkin untuk menyerap sebanyak-banyaknya materi yang disampaikan oleh Kakak-Kakak Pelatih yang profesional.” jelas Surya Widhi Prakosa saat ditemui Tim Media Metrobara setelah selesai mengisi materi.

Salah satu peserta didik kelas VII B, mengaku senang dan tertantang dapat belajar materi Semaphore.

“Awalnya saya kesulitan untuk memahami materi Semaphore yang disampaikan oleh Kak Surya. Sepertinya sulit sekali untuk memaknai setiap pergerakan. Tapi setelah saya amati dan saya mencoba mempraktikkan dengan cara mengikuti pergerakan Kak Surya, lama kelamaan saya menjadi memahami makna dibalik pergerakan tersebut. Ternyata kalau kita mau untuk terus belajar secara sungguh-sungguh pasti materi tersebut dapat dikuasai. Saya sangat senang dapat menerima materi Semaphore, karena untuk saya pribadi, ini merupakan hal yang baru dan cukup menantang.” pungkas Salsabila Maya Anggraini. (ah/swp/rf)