Pasnandika Raih Juara I LKBB Kompas

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Surakarta – Pasukan Ananta Adikara Badhrika (PASNANDIKA), Kontingen  PBB MAN 2 Surakarta berhasil meraih Juara Mula I dalam Lomba PBB Kompas Hardiknas tingkat SMA/K/MA (17/07). Kontingen beranggotakan 13 peserta dipimpin 1 komandan peleton (danton) berangkat bersama 2 pendamping dan 2 pembina. Perlombaan baris berbaris ini diselenggarakan oleh Resimen Mahasiswa (MENWA) UIN Surakarta di Gedung PPG UIN Surakarta.  Berbeda dengan tahun sebelumnya, kali ini kegiatan diadakan dengan cara offline. LKBB Kompas diikuti sejumlah kontingen dari SMA/SMK/MA baik swasta  maupun negeri yang tesebar di wilayah karesidenan Surakarta dan Semarang.


Pendamping Kontingen, Anikmah Tul Husna mengungkapkan tujjuan keikutsertaan dalam lomba tesebut. “Kegiatan LKBB ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hardiknas ke-6 dan diikuti oleh 14 Sekolah se Eks-Karesidenan Surakarta dan Semarang, dan tujuan kami mengikut sertakan anak anak dalam ajang tersebut agar menambah pengalaman dan keterampilan PBB untuk dikembangkan dan dipraktekkan disekolah,”tuturnya. Tujuan lainnya adalah guna meningkatkan kualitas pelajar sebagai pengabdian social, meningkatkan jiwa kompetisi dan keterampilan PBB, siswa sebagai ajang kreativitas dan kegiatan positif dan menumbuhkan semangat berorganisasi anggota paskibra.


Sementara itu, salah satu anggota PASNANDIKA, Zahra Nuraeni yang merupakan siswi kelas 11 IPS 6 mengaku senang mengikuti lomba. “Kegiatan lomba PBB ini seru, asik dan dapet pengalaman baru, bisa lebih deket sama temen-temen
dapat kenalan baru dari kontingan lain, apalagi
panitianya hebat bisa ngadain acara yang membuat banyak orang membangun semangat dalam paskibra,”ujarnya. Anggota lainnya, Muhammad Hanun Zakaria juga mengungkapkan rasa bangganya. “Bagi saya sebagai peserta, rasanya sangat senang dan bangga karena bisa berpartisipasi dalam ajang ini dan ini kali pertama saya mengikuti lomba pembaris offline,cukup menentang bagi saya tapi sungguh memuaskan, walaupun mungkin hasil yang diterima belum sesuai harapan,tapi gapapa mungkin sebuah langkah awal yang harus ditingkatkan,”ucapnya.


Pendamping Kontingen, Joko Lelono menambahkan motivasi bahwa meskipun dalam lomba ini belum mendapat juara umum namun kegiatan ini mampu meningkatkan semangat siswa dalam melaksanakan latihan rutin paskibra dan meningkatkan kemampuan PBB siswa. “Harapan kami, semoga kedepan kegiatan LKBB terus diadakan setiap tahunnya dan mengalami peningkatan kualitas kepanitiaan dan penjuriannya.,”pungkasnya. (arf/my/bd)