Pastikan Jajanan Siswa Selalu Aman dan Layak Konsumsi

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Mungkid – Kepala MTsN 2 Magelang, Dra. Sholihah, MSI, melaksanakan sidak terhadap pedagang keliling yang menjajakan makanan di sekitar madrasah, Senin, 15/08/2022. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk memastikan agar para siswa mendapatkan makanan yang aman dan layak konsumsi sebab kesehatan siswa adalah prioritas utama madrasah.

Dalam sidak tersebut, Sholihah menemui para pedagang dan berdialog terkait keamanan produk makanan yang disajikan, khususnya tidak mengandung bahan-bahan yang membahayakan kesehatan.

“Saya menemui para pedagang, melihat dan menanyakan jajanan yang dijual di lingkungan madrasah untuk memastikan aman dikonsumsi siswa,” kata Sholihah.

“Saya tanya langsung apakah makanan yang dijual benar-benar aman dari bahan yang membahayakan. Seperti bahan pengawet maupun  zat pewarna,” lanjut Solihah.

Kepada para pedagang, Sholihah mengingatkan kembali kesepakatan dengan pihak madrasah yang pernah disepakati, bahwa setiap jajanan yang dijual tidak mengandung bahan-bahan yang membahayakan kesehatan. Kesepakatan tersebut telah disetujui sebelum tahun ajaran baru dimulai.

“Hari ini saya memantau sekaligus mengingatkan kembali kesepakatan pedagang dengan madrasah sebelum tahun ajaran baru dimulai, untuk menjual makanan tanpa kandungan bahan yang membahayakan bagi kesehatan,” lanjut Sholihah.

Nur Kholis, salah satu pedagang Cilok Goreng yang biasa mangkal di depan madrasah, mengungkapkan dirinya menyambut baik upaya madrasah yang selalu memperhatikan dan mengingatkan pedagang untuk selalu menjaga kebersihan dan keamanan jajanannya sehingga aman dan layak konsumsi.

“Jajanan yang saya jual tidak ada bahan yang membahayakan kesehatan seperti zat pewarna serta bahan pengawet,” kata Nur Kholis. Pedagang asal Salamkanci, Kecamatan Bandongan tersebut sudah 11 tahun berjualan dan biasa mangkal di depan madrasah.

Usaha Sholihah menjalin komunikasi yang baik dengan para pedagang merupakan langkah positif dalam rangka menjaga kesehatan seluruh warga sekolah. Dengan kesehatan yang terjamin, para siswa dapat lancar dalam menimba ilmu dan berprestasi di madrasah. (KF-m45k/Sua)