PAT Sebagai Moment Paripurna Ketentuan Belajar Siswa MTs Ma’arif Mandiraja Menuju Kelas Tinggi

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – MTs Ma’arif Mandiraja melaksanakan kegiatan Penilaian Akhir Tahun (PAT) untuk seluruh siswa kelas VII dan VIII Semester Genap Tahun Pelajaran 2021-2022 secara tatap muka, dengan harapan mampu sebagai tolak ukur kenaikan kelas menyempurnakan penilaian-penilaian lain yang sudah ada sebelumnya, bahkan sebagai tolak ukur kemampuan siswa dalam menyerap materi pelajaran yang telah disampaikan oleh bapak/ibu guru selama satu semester genap ini. (2/6)

Kepala Madrasah Barokatumminalloh menyampaikan, PAT ini sebagai proses akhir penentuan kenaikan siswa ke kelas yang lebih tinggi, dilaksanakan mulai tanggal 28 Mei 2022 untuk mata pelajaran muatan lokal dan tanggal 30 Mei 2022 sampai 7 Juni 2022 untuk semua mata pelajaran selain muatan lokal.

“Pada PAT kali ini kami menerapkan kembali pola penempatan tempat duduk siswa yang sudah lama silam setelah adanya Covid-19 yaitu penempatan tempat duduk zigzag dimana setiap ruangan terdiri dari siswa kelas VII dan VIII secara menyilang dengan harapan membentuk kejujuran dan kemandirian serta ketenangan siswa dalam menempuh PAT. Namun PAT tersebut tetap memaksimalkan 16 – 20 siswa setiap ruang dengan harapan memudahkan pengawas dalam pengawasan dan ibarat seperti ujian sesungguh-sungguhnya ujian, serta tetap menerapkan protokol kesehatan,” tegasnya.

Nely Sofia Rakhmah mewakili panitia PAT mengatakan, kami panitia berdoa semoga pelaksanaan PAT ini dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan harapan kita semua. Semoga surprise dengan nilai-nilai akademik siswa yang tinggi dapat mereda kerja keras dan kerja sama yang ditunjukkan oleh panitia pelaksana dan dewan guru.

“Semoga dengan diadakannya kegiatan PAT ini dapat memotivasi dan meningkatkan prestasi-prestasi yang tinggi untuk siswa MTs Ma’arif Mandiraja. Bahkan mampu menerapkan dan mempraktikkan ilmu yang dipelajarinya dalam kehidupan sehari-hari,” ungkapnya.

Rahmawati Nafisatul siswa kelas VII B mengatakan dengan nada tegas, kita semua tahu MTs Ma’arif Mandiraja merupakan Madrasah dengan kedisiplinan yang tinggi sehingga dalam persiapan pelaksanaan PAT ini harus lebih semangat lagi dan belajar dengan maksimal dibarengi mematuhi tata tertib yang ada, sehingga nanti dapat meraih nilai yang bagus dan bisa naik ke kelas yang lebih tinggi yaitu kelas VIII. (jm/ak/rf)