Pelatihan Manajemen Pengelolaan Zakat Di Kabupetn Pekalongan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

KAB.PEKALONGAN,- Kepala Kantor Kementeian Agama Kabupetan Pekalongan, Sukarno, Senin (27/03/2023) berkesempatan hadir dan memberikan paparan materi tentang Kebijakan Kementerian Agama dalam Pembangunan Bidang Agama pada kegiatan Pelatihan Manajemen Zakat yang digelar Balai Diklat Keagamaan Semarang di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan

Sukarno menyampaikan, bahwa Visi Kementerian Agama adalah Kementerian Agama yang professional dan andal dalam membangun masyarakat yang saleh, moderat, cerdas dan unggul untuk mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian berdasarkan gotong royong, sedangkan Misi dan Rentra Kementerian Agama adalah ; Meningkatkan Kualitas Kesalehan Umat Beragama, Memperkuat Moderasi Beragama dan Kerukunan Umat Beragama, Meningkatkan Layanan Keagamaan Yang Adil, Mudah dan Merata, Meningkatkan Layanan Pendidikan Yang Merata dan Bermutu, Produktivitas dan Daya Saing Pendidikan; dan Memantapkan Tata Kelola Pemerintahan Yang Baik (Good Governance);

Lebihlanjut Kakankemenag menjelaskan arah kebijakan Pemerintah di bidang pengamalan ajaran  agama, arah kebijakan, antara lain:

  1. Mendorong berkembangnya pertemuan-pertemuan kajian keagamaan.
  2. Mendorong tumbuhnya lembaga-lembaga sosial untuk melayani kaum terpinggirkan atau berkebutuhan khusus (panti asuhan, panti jompo, dll).
  3. Meningkatkan pelayanan ibadah haji.
  4. Mendorong keterlibatan masyarakat dalam pelayanan ibadah haji.
  5. Memberdayakan pengelolaan dana-dana sosial keagamaan (zakat, wakaf, dll) agar lebih bermanfaat secara  optimal, lebih merata dan sesuai manajemen modern. (MTb/bd)