Pelatihan Metodologi Paud Al-Qur’an Kabupaten Wonosobo

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Wonosobo – Mengajar Al Qur’an anak-anak usia dini tidaklah mudah. Karena pada usia inilah diajarkan dasar-dasar membaca Al Qur’an seperti pengenalan huruf-huruf hijaiyah. Ketika tidak tepat mengajarkan pada tahap ini maka akan berakibat fatal pada tahapan-tahapan selanjutnya.

Inilah yang melatarbelakangi terselenggaranya pelatihan Metode PAUD Al-Qur’an oleh PD. Pontren Kankemenag Wonosobo bekerja sama dengan Paudqu Mambaul Ulum Mlipak Wonosobo di Aula Yayasan Mambaul Ulum, Rabu, (17/5).

Sebanyak 36 peserta Ustadz dan Ustadzah mengikuti pelatihan ini. Peserta berasal dari penyelenggara PAUD Al Quran Kabupaten Wonosobo.

Kasi PD Pontren Kankemenag Wonosobo, Fakih Khusni menyampaikan bahwa Metode Pembelajaran PAUD Al-Qur’an sangat tepat dan sesuai diterapkan pada anak-anak di usia dini.

Fakih menyampaikan perlunya teknik dan strategi yang sesuai dengan perkembangan psikologi mereka. Teknik yang tepat dan menyenangkan, efektif mempercepat dan meningkatkan kualitas bacaan peserta didik. “Pelatihan ini insya Allah sangat bermanfaat bagi penyelenggara PAUD Al-Qur’an Wonosobo. Dengan pelatihan diharapkan pengelola PAUD Al Qur’an dapat berinovasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran lebih baik,” tutur Fakih.

Sementara itu hadir Kepala Kankemenag Wonosobo, Panut, dalam sambutannya mengapresiasi pelatihan ini dan mengharapkan pelatihan ini dapat meningkatkan kompetensi para pengasuh PAUD Al-Qur’an. “Kami, sangat mengapresiasi kegiatan ini. Kami ucapkan terima kasih kepada penyelenggara dan sukses untuk kita semua,” tandas Panut.

Seluruh peserta tampak antusias mengikuti pelatihan, peserta mengaku senang dan berharap pelatihan seperti ini dapat diadakan rutin tiap tahun, karena pelatihan seperti ini sangat bermanfaat bagi Ustadz-ustadzah pada PAUD Al-Qur’an.(fk-ws/PS/Sua)