Pelatihan Pengelolaan Sampah MTs Negeri 2 Wonosobo

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Wonosobo – Dalam rangkaian Kegiatan Jeda Semester Genap Tahun Pelajaran 2022/2023 MTs Negeri 2 Wonosobo mengadakan kegiatan Pelatihan Pengelolaan Sampah, yang juga merupakan upaya untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan dan mengurangi dampak negatif sampah terhadap ekosistem.

Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari Kamis – Sabtu, (15-17/6). Acara tersebut diikuti oleh perwakilan dari masing-masing kelas, mencangkup kelas 7 dan kelas 8.

Dalam sambutan dan pembuka acara, Kepala MTs Negeri 2 Wonosobo, Yatiman, saat menyampaikan bahwa sampah plastik menjadi salah satu tema besar peringatan hari lingkungan kabupaten Wonosobo “Beat Plastic Polution”. Oleh karena itu kegiatan ini kita harapkan bisa menjadi salah satu langkah konkrit bersama peserta didik untuk mengelola sampah di kabupaten Wonosobo menjadi lebih bermanfaat.

Pelatihan ini dipandu oleh ibu-ibu penggiat lingkungan dari kampung prajuritan bawah yaitu ibu Sri Wati dan ibu Asiyah dengan menerapkan program pengelolaan sampah dengan sistem 3R Reduce, Reuse, dan Recycle.

Di tempat terpisah Kakankemenag Kab. Wonosobo H. Panut, menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada MTs Negeri 2 Wonosobo atas kegiatan pelatihan ini. Beliau berharap dengan kegiatan ini akan memberikan pembekalan kepada peserta didik untuk peduli lingkungan, mengembangkan keterampilan dan kemandirian sebagai salah satu bekal dimasa depan.

“Kami bangga melihat semangat dan komitmen dari Madrasah untuk memberikan ilmu kepada peserta didik untuk belajar dan menerapkan metode pengelolaan sampah yang berkelanjutan,” tandasnya.

Ia menambahkan pelatihan ini adalah langkah penting dalam menjawab tantangan global dalam pengelolaan sampah. Dengan mengadopsi konsep Reduce, Reuse, dan Recycle, diharapkan bahwa jumlah sampah yang dihasilkan dapat dikurangi secara signifikan, sementara nilai-nilai lingkungan yang berkelanjutan dan kelestarian alam semakin diperkuat.(Ps_Ws/Sua)