Pembinaan Dinas dan KKGRA Gugus IGRA Al Jabbar Kecamatan Banjarsari

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Pengawas RA/MI Kantor Kementerian Agama Kota Surakarta, Istikomah dan Sarkin, hari Sabtu (11/3/2022) memberikan pembinaan kepada Guru Raudlatul Athfal (RA) yang tergabung dalam wadah organisasi Ikatan Guru Raudlatul Athfal ( IGRA ) Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta.

Kegiatan yang berlangsung di Aula Kantor Kementerian Agama Kota Surakarta ini, dihadiri oleh pengawas, kepala RA, dan guru se-gugus IGRA Kecamatan Banjarsari.

Dalam Pembinaannya, Sarkin menerangkan, guru seharusnya memiliki semangat untuk belajar, “Guru berilmu, guru mau belajar, mendengarkan, mencintai kebenaran. Muta’aliman betul-betul dimiliki oleh guru,” ujarnya.

Ia berpesan untuk mengurangi bullying, kekerasan, dan bentakan terhadap guru dan peserta didik, “bullying dihilangkan sesama guru dan peserta didik, kekerasan juga dihilangkan, kata bentakan terhadap anak dikurangi,” pungkasnya.

Istikomah mengapresiasi silaturahim yang terjalin antara guru IGRA Kecamatan Banjarsari, “Silaturahim memperpanjang usia dan memperbanyak rejeki,” ujarnya.

Ia menerangkan tentang implementasi kurikulum merdeka yang disesuaikan dengan jaman sekarang, “Didiklah anak-anakmu sesuai jamannya, makanya kurikulum mengalami perubahan karena disesuaikan perkembangan jaman.” Ungkapnya.

Oleh karenanya kata Istikomah, tahun ajaran 2023/2024 pengembang tim kurikulum mulai belajar menyusun dokumen kurikulum merdeka yang disebut kurikulum operasional Raudlatul Athfal.

Menutup pembinaan dinas, Istikomah mengingatkan kembali tentang tugas guru, “Seorang guru harus betul-betul siap akan tugas yang harus dilaksanakannya : yaitu, Pertama, merencanakan kegiatan pembelajaran. Kedua, melaksanakan kegiatan pembelajaran. Ketiga, melaksanakan Evaluasi,” p”ngkasnya.

Setelah pembinaan dinas, acara dilanjutkan KKGRA yang diisi dengan presentasi best practice berjudul ‘Meningkatkan Karakter Budi Pekerti Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bercerita Dengan Media Wakul (Wayang Kulit)’ oleh Juara pertama Lomba guru RA berprestasi kecamatan Banjarsari.

Acara diakhiri dengan foto bersama para juara Lomba Guru RA Berprestasi tingkat Kecamatan Banjarsari. (Iba/bd)