Pembinaan Moderasi Beragama dan Capacity Building Bagi Pegawai serta Tokoh Agama

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Temanggung – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung gelar Pembinaan Moderasi Beragama dam Capacity Building bagi Pegawai dan Tokoh Agama. Kegiatan ini dilaksanakan di dua tempat yaitu di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung dan di Aula Posong, Temanggung dengan peserta ASN Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, Pengurus FKUB dan  Pemuda Lintas Agama, Rabu (22/2).

Dalam sambutannya Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, H. Ahmad Muhdzir menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas. Kapasitas sesuai dengan perannya masing-masing, bagaimana membangun bidang keagamaan karena tidak mungkin bisa bekerja sendiri-sendiri, tidak mungkin Kepala Kantor bisa mengerjakan semuanya sendiri semua butuh sinergitas.

Ahmad Muhdzir menambahkan, bagaimana membangun kapasitas yaitu dengan cara membangun kinerja sesuai dengan tugas dan fungsi, dengan niatan tertinggi. Intinya semua diserahkan ke tim, membawa sesuatu yang dapat dimaknai, menjalankan capacity building dalam rangka membentuk super tim dalam membentuk kapasitas.

“Kegiatan ini dalam rangka memperbaiki kemampuan seseorang, kelompok atau organisasi untuk mencapai tujuan atau kinerja yang lebih baik bagi pegawai Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung,“ imbuhnya.

Ahmad Muhdzir, selaku Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung menyampaikan bahwa, “salah satu tujuan kegiatan  ini  diantaranya untuk membentuk team building, peningkatan hubungan kerjasama, solid, sinergi  dan  kekompakan kelompok,“ ujarnya.

Beliau mengajak kepada seluruh peserta untuk menghilangkan sekat jabatan dalam pekerjaan saat permainan ini, semua memiliki status yang sama yaitu sebagai peserta sehingga diharapkan tidak ada kecanggungan dalam permainan. Lebih lanjut beliau menyampaikan bahwa para peserta  dapat mengambil manfaat dari kegiatan ini yaitu untuk ajang menjalin keakraban dan kekeluargaan pegawai ,melepas penat atau kejenuhan rutinitas dalam pekerjaan dan membangun rasa percaya diri.

Dengan kegiatan capacity building ini diharapkan ada sebuah proses untuk membantu individu atau kelompok dalam mengidentifikasi dan menemukan permasalahan dan menambah wawasan, pengetahuan dan pengalaman yang dibutuhkan untuk memecahkan masalah dan melakukan perubahan.

Sementara instruktur capacity building, Suhendar mengajak kepada peserta untuk saling membantu, memberi semangat dan bekerjasama untuk meningkatkan kinerjanya sebagai bentuk pengabdian kepada Kementerian Agama.(sr/rf)