Pemilihan Ketua Dan Wakil Ketua OSIS dengan Sistem PEMILU

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

KAB.PEKALONGAN,- Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) MTs N 1 Pekalongan menyelenggarakan pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS periode 2023. Pemilihan ini diadakan sesuai dengan tata cara seperti pemilihan presiden atau kepala daerah di Indonesia dengan pencoblosan secara langsung.

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Rabu,1 Februari 2023 ini menggunakan prinsip demokrasi yaitu menggunakan hak yang dimiliki untuk memilih kandidat yang layak menjadi ketua dan wakil ketua OSIS.

Adapun yang mempunyai hak pilih adalah seluruh peserta didik Kelas VII, VIII dan IX. Cara pemilihan ketua OSIS dan wakil ketua ini dimulai pukul 07.30 WIB, dilaksanakan di halaman madrasah yang dipandu oleh Emi shofana, S.Pd.M.Pd.I selaku Waka Kesiswaan dan Hj. Triyanah, S.Pd. selaku Waka Humas.

Pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS ini cukup menarik, karena sehari sebelum pencoblosan oleh masing-masing calon pada hari Selasa tanggal 31 Januari 2023, tiga pasangan calon yang berkompetisi yaitu pasangan calon nomor 1 Naili Sakinah dan Erfa Aulia Nada, nomor 2 M. Imam Bintang Al Hadist dan Arnindi Syafinatun Najah,paslon nomor 3 Syafiqa Leliana Dewi dan M. Fahri Randhi Prasetyo melakukan orasi serta menyampaikan visi dan misi yang akan dilaksanakan untuk 1 tahun kedepan dalam memimpin OSIS.

Susunan acara pada kegiatan tersebut adalah
1. Menyanyikan lagu Indonesia Raya
2. Sambutan dari Kepala MTs N 1 Pekalongan Drs. H. Mukhlisin, Dip.Ed yang diwakili oleh Hj. Triyanah, S.Pd dan secara simbolis membuka acara “Pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS” periode 2023
3. Sumpah janji oleh ketua KPPS (Nayshila Laytiza)
4. Pengecekan perlengkapan
5. Pembacaan tata cara/tatib
6. Penutupan
7. Pelaksanaan pemilihan
8. Penghitungan suara
9. Sidang pleno

Hasil akhir dari pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS MTs N 1 Pekalongan dimenangkan oleh pasangan calon nomor 02 yaitu M. Imam Bintang Al Hadist dari kelas 7D dan Arnindi Syafinatun Najah kelas 7E,dengan pemerolehan 311 suara, sedangkan paslon nomor 01 Naili Sakinah kelas 7E dan Erfa Aulia Nada Kelas I memperoleh 61 suara, dan paslon nomor 03 Syafiqa Leliana Dewi kelas 8E dan M. Fahri Randhi Prasetyo kelas 7D memperoleh 181 suara. Semoga M. Imam Bintang Al Hadist dari kelas 7D dan Arnindi Syafinatun Najah bisa menjadi ketua dan wakil ketua OSIS yang bertanggung jawab dan bisa bekerja sama untuk mewujudkan dan menjalankan program OSIS dengan lebih baik lagi. Juga bisa menjadi teladan atau contoh yang baik bagi siswa-siswi MTs N 1 Pekalongan. (IY, US/MTb/bd)