Tempati Gedung Baru Dana SBSN 2022, MAN 2 Kebumen Gelar Tasyakuran

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kebumen – Pembangunan gedung ruang kelas baru MAN 2 Kebumen dengan sumber dana SBSN tahun 2022 telah selesai. Acara tasyakuran dan doa bersama pun digelar sebagai wujud syukur dan ungkapan bahagia pada Selasa (31/1/2023) di halaman setempat.

Hadir diantaranya, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Kebumen, H. Ibnu Asaddudin, Kasubag TU H. Khamid, dan Kepala madrasah negeri se-kabupaten Kebumen, Turut hadir Pelaksana CV Surya Kusuma, Konsultan Pengawas, Pejabat Pembuat Komitmen, serta beberapa tokoh masyarakat setempat.

Kepala MAN 2 Kebumen, Warsam, dalam sambutannya mengucapan terimakasih dan apresiasi kepada semua pihak yang telah membantu terlaksananya pembangunan. Terimakasih juga disampaikan kepada Kepala Kankemenag yang selalu mendukung, mensupport, sehingga MAN 2 diberikan fasilitas mewah berupa pembangunan gedung ruang kelas baru sumber dana SBSN.

Dijelaskan Warsam, tahun 2022 ini MAN 2 Kebumen membangun 6 ruang kelas dengan total dana sekitar 3,6 miliyar. Anggaran tersebut termasuk pengadaan sejumlah fasilitas mewah seperti AC, smart TV, dan beberapa perlengklapan lainnya guna mendukung pembelajaran berbasis digital.

“Alhamdulillah pembangunan telah selesai, terimaksih atas dukungan dan bantuan dari seluruh pihak. Semoga fasilitas ini dapat bermanfaat dan mendukung peningkatan prestasi MAN 2 Kebumen,” ucap Warsam.

Pada kesempatan tersebut, Warsam juga menyampaikan perkembangan MAN 2 Kebumen, terutama dari sisi prestasi. Disampaikan, pada tahun 2022 MAN 2 Kebumen berhasil meraih total 215 kejuaraan di bidang akademik dan 43 prestasi non-akademik. Termasuk juga berhasil menempati peringkat 675 dari top peringkat 1000 nasional dalam Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) setelah bersaing dengan seluruh SMA dan MA se Indonesia.

“Bahkan dalam lomba olimpiade biologi tingkat internasional 3 siswi MAN 2 berhasil mendapatkan medali perunggu,” ungkapnya.

Sementara itu dalam sambutan berikutnya, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen H. Ibnu Asaddudin, menegaskan bahwa saat ini madrasah sudah tidak lagi ketinggalan terkait prestasi dan dukungan sarana prasananya. Beberapa madrasah di Kebumen telah memliki gedung megah berikut fasilitas pendukungnya yang dibangun dari sumber dana SBSN (Surat Berharga Syariah Negara) seperti MTS 1 Kebumen, MIN 1 Kebumen, MTSN 7 Kebumen, dan MAN 2 Kebumen.

Menurutnya, prestasi – prestasi yang diraih madrasah telah berhasil meningkatkan kepercayaan masyarakat sehingga tidak ragu menitipkan anaknya belajar di madrasah. Jika dulu madrasah sering dianggap lewihan, hanya jadi cadangan ketika di sekolah umum tidak diterima, tetapi sekarang seiring dengan perkembangan zaman, madrasah bisa bersaing dengan sekolah umum bahkan menjadi favorite,” tutur Ibnu.

“Prestasi tersebut juga sangat diperhatikan oleh pemerintah, salah satunya melalui pemberian anggaran pembangunan gedung yang bersumber dari dana SBSN,” ungkap Ibnu

Dalam kesempatan tersebut Ibnu juga menegaskan agar seluruh pegawai di lingkungannya bekerja dengan mengedepankan lima nilai budaya kerja Kementerian Agama yaitu integritas, profesionalitas, inovasi, tanggung jawab, dan keteladanan. Selain itu Ibnu juga meminta  tiga komitmen yang harus selalu dikedepankan, yakni kebersamaan, berprestasi, dan menjadi yang terbaik.

“Karena itu, Pak Warsam ini ndak boleh maju sendirian. Kalau MAN 2 sudah maju, jangan lupakan madrasah lain. Di Kebumen ada sekitar 28 madrasah aliyah yang semuanya harus berkembang bersama. Semuanya harus saling mendukung dan berbagai sebagaimana program sahabat madrasah dengan 3 komitmen kita bersama, Selamat menempati gedung baru dan semoga tambah berprestasi,” pungkasnya. (anas/fz/bd).