Penarikan Mahasiswa PPL UIN Salatiga

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Temanggung – Lima mahasiswa yang telah melakukan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung ditarik pihak kampus. Kegiatan PPL ini dilaksanakan di KUA Bulu dan KUA Kedu mulai tanggal 19 Juli – 11 Agustus 2022. Penarikan sekaligus pamitan ini dilaksanakan di ruang kepala Kankemenag Kab. Temanggung, Rabu (24/8).

Kegiatan penarikan ini dihadiri oleh Kepala Sub Bag Tata Usaha Kantor Kemenag Kab. Temanggung, H Agus Latif dan Kasi Bimas Islam yang diwakili staf Bimas Islam, M. Yusuf, dosen pembimbing Nastangin dan Erkham Maskuri serta mahasiswa PPL yaitu  Achmad Aminuddin dan Arga Tri Pamugkas,  Renaldi Ibrahim, Bricky Umi Fadzilah dan  Winda Ayu.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Temanggung, yang diwakii Kasubag TU, H. Agus Latif menyampaikan terimakasih atas Kerjasama selama ini kepada UIN Salatiga yang telah menyerahkan 5 mahasiswa untuk PPL di wilayah Kantor Kemenag Kab. Temangung khususnya di KUA Bulu dan KUA Kedu.

“Kami sudah berikhtiar menerima amanat itu dengan sebaik-baiknya untuk menambah pengalaman kerja, teknis administrasi dan pelayanan di KUA alhamdulillah semua telah berjalan dengan baik,“ ujarnya.

Beliau berharap untuk adik-adik mahasiswa agar dapat mengembangkan ilmu pengetahuan itu, karena pada prinsipnya siapa lagi kalau bukan kalian yang akan meneruskan estafet kepemimpinan dalam Islam.

“Mahasiswa menjadi garda terdepan untuk menerima estafet kepemimpinan terutama dalam konteks kebangsaan, negara maupun dalam keagamaan. Sehinga ada misi disamping misi negarawan juga misi agamawan, kedua fungsi yang mau tidak mau, siap tidak siap akan menghampiri adik-adik mahasiswa sebagai salah satu sunatulloh untuk meneruskan estafet kepemimpinan,“ pesannya.

Lebih lanjut Agus Latif berharap mudah-mudahan ilmu yang telah diterima dapat bermanfaat untuk diri sendiri dan juga orang serta semoga kerjasama ini bisa berlanjut terus menerus karena pada prinsipnya tugas dan fungsi kita hampir sama dalam lingkup Kementerian Agama Republik Indonesia sehinga kita bersama-sama mewujudkan generasi dan kader-kader yang negarawan  tapi juga agamawan.

Pada kesempatan yang sama dosen pembimbing lapangan, Nastangin menyampaikan ucapan terimakasih kepada pihak Kantor Kemenag Kab. Temanggung  yang telah memfasilitasi kegiatan kerja praktek atau magang sejak proses penerimaan hingga proses penarikan yang saat ini dilaksanakan, sehingga mahasiswa ini dapat menyelesaikan Kerja Praktek dengan baik dan lancar.

“Kami juga berterima kasih kepada Kantor Kemenag Kab. Temanggung yang sudah menerima mahasiswa PPL dari UIN Salatiga berjumlah 5 orang yang ditempatkan di KUA Bulu dan KUA Kedu dari tanggal 19 Juli – 11 Agustus 2022 dan telah banyak memberikan bimbingan kepada mahasiswa kami serta kami mohon maaf apabila selama magang terdapat tutur kata dan hal-hal yang kurang berkenan,” tuturnya. Beliau juga menyampaikan permohonan maaf jikalau ada tingkah laku dari para mahasiswa yang tidak berkenan dan berharap kerjasama ini tetap terus terjalin secara terus menerus. (sr/rf)