Pencarian Jemaah Haji Idun Rohim Terus Dilakukan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

 

KOTA PEKALONGAN (Humas)— Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menegaskan pencarian jemaah haji hilang atas nama Idun Rohim Zen terus dilakukan. Jemaah haji asal kelompok terbang (kloter) 20 Embarkasi Palembang (PLM 20) ini sudah dinyatakan hilang sejak satu bulan lalu.

“(Pencarian) masih, masih terus dilakukan,” ujar Menag Yaqut kepada awak media di Bandara Soekarno Hatta Tangerang, Banten, Kamis (27/7/2023).

“Saya sudah perintahkan kepada para petugas terutama bagian linjam (perlindungan jemaah) yang masih ada di sana untuk terus mencari jemaah kita yang masih hilang ini tanpa batas waktu,” imbuhnya.

Pencarian akan terus dilakukan dengan berkerjasama dengan otoritas Arab Saudi. “Sampai kemudian pihak otoritas Arab Saudi yang menyatakan bahwa memang yang bersangkutan sudah tidak bisa ditemukan, baru dihentikan,” ujar Menag.

Sebelumnya, terdapat delapan orang jemaah Indonesia yang dinyatakan hilang. Tujuh di antaranya sudah ditemukan. “Tiga orang dinyatakan wafat, dan satu orang masih hilang,” tutur Menag.

“Jadi kita terus berikhtiar, berkoordinasi dengan pihak otoritas kerajaan Saudi baik dengan kepolisian, SAR mereka jadi saya minta dicari sampai ketemu,” sambungnya.

Menag berharap segera ada kabar keberadaan Idun Rohim. “Mudah-mudahan masih hidup. Kalaupun harus terima kenyataan misalnya dalam kondisi wafat kita harus perlakukan dengan baik saya kira itu,” imbuhnya.(Indah/fzn/bd)