Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Dalam Supervisi Manajerial Oleh Pengawas Madrasah Kemenag Temanggung

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Temanggung – Pengawas Madrasah di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung menggelar kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan yang difokuskan pada bidang supervisi manajerial. Kegiatan ini diikuti oleh 18 orang pengawas madrasah bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pengawas madrasah dalam pengelolaan efektivitas manajemen madrasah  yang berkualitas.

Kegiatan tersebut diadakan 21 sampai dengan 30  Agustus 2023 bertempat di Aula Rumah Makan Starsa Parakan, Temanggung, dengan model sinkronus dan asinkronus. Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya Kementerian Agama untuk terus meningkatkan mutu pendidikan madrasah.

Dalam sambutannya, H. Ahmad Sugijarto, sebagai Kasi Pendidikan Madrasah yang mewakili Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung menekankan pentingnya supervisi manajerial dalam meningkatkan kinerja madrasah-madrasah.

“Supervisi manajerial yang berkualitas dapat membantu pengelolaan sumber daya madrasah dengan lebih efisien, sehingga menciptakan lingkungan belajar yang lebih baik bagi siswa. Supervisi manajerial pengawas madrasah, sangat berperan penting untuk membantu kinerja kepala madrasah dalam pengelolaan delapan Standar Nasional Pendidikan,“ imbuhnya.

Kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan ini dibimbing oleh fasilitator daerah selaku narasumber. Beberapa topik yang dibahas dalam kegiatan ini meliputi : Kebijakan Kementerian Agama, Moderasi beragama, Implementasi Kurikulum Merdeka, Program Supervisi manajerial,  Pelaksanaan Supervisi manajerial, Laporan Supervisi manajerial dan Evaluasi Supervisi manajerial.

Selain itu, kegiatan ini juga memfasilitasi sharing pengalaman antar peserta, sehingga mereka dapat belajar dari praktik terbaik yang telah diterapkan di berbagai madrasah di Kabupaten Temanggung.

Kegiatan ini mendapat apresiasi tinggi dari peserta yang menyatakan bahwa pelatihan ini sangat relevan dengan tugas mereka sebagai pengawas madrasah. Mereka berharap adanya lebih banyak kegiatan serupa di masa depan untuk terus meningkatkan kompetensi mereka dalam supervisi manajerial.(sr/bd)